Suara burung kutilang memang merdu dan bervariasi, namun masih sedikit orang yang tahu bahwa harga burung kutilang ternyata sangatlah murah. Nah pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan daftar harga burung kutilang terbaru.

Data ini berhasil admin kumpulan pada bulan November 2020

Daftar Harga Burung Kutilang 2020

Jenis Burung KutilangHarga
Kutilang Emas80.000 – 130.000
Kutilang Sutra80.000 – 100.000
Kutilang Jambul90.000 – 200.000
Kutilang Wilis70.000 – 300.000
Tabel : Daftar harga burung kutilang 2020

Harga Kutilang Emas

Harga Burung kutilang Emas dibandrol mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 130.000 tergantung dari kualitas kicauan yang dihasilkan.

Harga beli yang terjangkau dan pemeliharaan yang mudah, menjadikan burung ini sangat digemari oleh masyarakat untuk dipelihara.

Pada bagian tubuhnya, bagian atas burung berwarna hijau zaitun sedangkan bagian bawahnya kuning terang. Iris mata pada burung kutilang berwarna putih dan sangat tegas, itulah mengapa burung kutilang jenis ini banyak digemari oleh masyarakat.

Harga Kutilang Sutra

Harga burung kutilang sutra dibandrol mulai harga Rp 80.000 hingga Rp 100.00

Walaupun dianggap memiliki suara yang monoton, namun kutilang sutra sangat bagus bila dijadikan sebagai bahan memaster burung kicau lainnya seperti kenari, murai batu, kacer, cucak ijo dan lain sebagainya.

Pembeda antara burung kutilang sutera dengan kutilang jenis lainnya yaitu suaranya yang lebih nyaring dan keras.

Harga Kutilang Jambul

Harga burung kutilang jambul ini dibandrol mulai harga RP 90.000 hingga Rp 200.000.

Burung kutilang yang memiliki sebutan lain merbah jambul ini pernah meramaikan pasar burung karena memiliki jambul kecil dan warna bulu yang cukup cerah. Kepopulerannya tidak berlangsung lama karena adanya larangan import akibat flu burung.

Habitat kutilang jenis ini biasanya dipinggir hutan, taman kota sampai kebun dekat pemukiman penduduk. Tak heran jika kita bisa menemukan dengan mudah burung ini bertengger dikabel listrik. Kutilang jambul biasa hidup soliter dan kadang berpasangan.

Harga Kutilang Wilis

Harga burung kutilang wilis dibandrol mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 300.000.

Diantara jenis burung kutilang lainnya, Burung kutilang wilis merupakan jenis yang paling indah karena corak warna yang dimilikinya.

Banyak habitat burung jenis ini sudah rusak. Kalaupun ada, Anda bisa menemukan burung kutilang wilis ini didaerah perbukitan yang jauh dari tempat tinggal manusia.

Jika Anda ingin menjual burung kutilang yang Anda miliki? Sebelum menjual, pastikan dulu bahwa harga kutilang Anda tidak jatuh dipasaran. Harga burung kutilang dipengaruhi oleh kualitas kicauan dan bagaimana Anda merawatnya.

Cara Merawat Burung Kutilang

Berikut cara merawat burung kutilang dengan baik agar memiliki nilai jual yang tinggi:

1. Berikan nutrisi yang cukup

Sudah menjadi kewajiban pemilik untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk hewan peliharaannya. Nutrisi tersebut bisa berasal dari buah-buahan, serangga maupun sentrat (pakan burung yang dibuat oleh pabrik).

Buah-buahan merupakan makanan utama burung kutilang. Kutilang sangat menyukai buah-buahan seperti papaya, pisang dan buah-buahan lain yang memiliki serat yang tinggi.

Pastikan terlebih dahulu untuk memberikan buah-buahan yang segar.

Kemudian Anda dapat memberi makanan berupa serangga. Serangga yang disukai oleh burung kutilang yaitu ulat, jangkrik, kupu-kupu. Serangga tersebut untuk meningkatkan rangsanya pita suara burung yang akan membuat burung kutilang Anda bisa cepat memamerkan kicauan merdunya.

2. Mengganti wadah dan air minum secara rutin

Sama seperti manusia, burung kutilang pun harus meminum air yang higenis. Biasakan untuk memberikan air mineral bukan air mentah.

Tak hanya kebersihan air saja yang harus diperhatikan namun juga wadah air minum itu sendiri pun harus bersih.

Jika memang air minum dalam wadah sudah habis, biasakan untuk membersihkan wadahnya terlebi dahulu bukan malah langsung menambahkan air ke wadahnya.

3. Menempatkan dikandang terbaik

Pastikan sangkar untuk burung kutilang Anda tidak membuat stress burung. Rajinlah untuk membersihkan sangkar agar burung juga merasa nyaman disangkarnya dan juga terhindar dari virus atau penyakit lainnya.

Kebersihan kandang akan membuat burung sehat, kesehatan burung akan sangat mempengaruhi kicauannya.

4. Melatih suaranya setiap pagi dan sore

Burung tidak serta merta bisa berkicau apalagi dengan merdu. Burung kutilang perlu dilatih dengan sabar demi mendapatkan hasil kicauan sesuai harapan.

Waktu yang paling efektif untuk melatih burung kutilang kerkicau adalah saat pagi pukul 09:00 dan sore sekitar pukul 16:00.

Burung kutilang dengan suara merdu sangat membantu menaikkan harga burung kutilang Anda dipasaran.

Demikian informasi mengenai daftar harga burung kutilang dan bagaimana cara agar kutilang anda memiliki harga tinggi dipasaran.

Author

Write A Comment