Mungkin ini pertanyaan klasik yang sering ditanyakan oleh beberapa orang yang memiliki hobi pelihara burung, yaitu bagaimana cara membedakan burung kutilang jantan dan betina.

Banyaknya yang bertanya begini, karena ada yang beranggapan bahwa burung jantan lebih gacor ketimbang burung betina.

Kemudian anggapan tersebut menjadi pemahaman bahwa burung kutilang yang gacor hanya pejantan saja.

Namun semua itu mungkin saja salah, kenapa? Karena menurut saya, kutilang jantan dan betina memiliki kemampuan berkicau sama baiknya.

Lalu, bagaimana cara membedakan antara burung betina dan jantan? Yuk, simak informasi berikut ini:

Perbedaan Kutilang Jantan dan Kutilang Betina

Berikut adalah tabel perbedaan kutilang jantan dan betina

CiriKutilang JantanKutilang Betina
Bentuk KepalaMempunyai bentuk kepala yang agak besar dan sedikit ovalMempunyai bentuk kepala yang sedikit lebih kecil
JambulLebih panjang dan menjulangLebih pendek
WarnaDibagian kepala cenderung hitam dan sangat tegas warnanya.Warna bulu dibagian kepala berwarna hitam namun sedikit keruh atau pudar
Postur TubuhLebih panjang dan besarPendek dan agak bulat gemuk
SuaraBervariasi, indah dan tidak putus-putusTidak bervariasi, pelan dan sering putus putus
Bagian VentLebih menonjolTidak terlalu kelihatan atau datar
Tulang PubisRenggangKeras, rapat dan menonjol
Tabel : Perbedaan Kutilang Jantan dan Kutilang Betina

1. Bentuk Kepala

Cara membedakan burung kutilang jantan dan kutilang betina bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Bentuk kepala pada burung kutilang jantan lebih besar dibandingkan dengan burung kutilang betina.

Selain itu, bentuk kepala burung kutilang jantan lebih oval dibandingkan dengan burung kutilang betina.

2. Jambul

Baik baik burung kutilang jantan maupun burung kutilang betina sama-sama memiliki jambul. Namun perbedaannya terletak pada panjang jambul.

Jambul pada burung kutilang jantan lebih panjang dan menjulang dibandingkan dengan burung kutilang betina. Jika berkicau, jambul pada burung kutilang jantan akan tegak sedangkan burung kutilang betina jarang tegak.

3. Warna 

Burung kutilang jantan biasanya memiliki warna bulu dibagian kepala cenderung hitam dan sangat tegas warnanya. Sedangkan pada burung kutilang betina, warna bulu dibagian kepala berwarna hitam namun sedikit keruh atau pudar.

Perbedaan warna juga terletak pada warna dibagian ekor burung kutilang. Pada burung kutilang jantan, bagian ekor berwarna orange terang. Sedangkan burung kutilang betina memiliki warna ekor kuning pudar.

4. Postur Tubuh

Postur tubuh pada burung kutilang jantan lebih panjang dan besar. Sedangkan postur tubuh burung kutilang betina pendek agak bulat gemuk terutama ketika musim kawin.

Postur tubuh sangat mempengaruhi kemampuan terbang burung kutilang. Karna postur tubuhnya yang besar dan panjang, burung kutilang jantan mampu melakukan manuver dengan sukses ketika terbang.

5. Suara

Dalam menentukan jenis kelamin burung kutilang, suaralah yang paling akurat. Burung kutilang jantan memiliki suara yang lebih gacor. Burung kutilang jantan memiliki suara yg bervariasi, indah dan tidak putus-putus.

Berbeda dengan burung kutilang jantan, betina tidak memiliki begitu banyak variasi sehingga terbilang monoton dengan kata lain lagunya diulang-ulang. Suara burung kutilang betina juga tidak begitu keras dan sering putus-putus.

6. Vent

Cara mengetahui burung anda jantan atau betina juga dapat dilihat pada bagian ventnya. Pada burung kutilang jantan, vent terlihat lebih menonjol sedangkan pada burung kutilang betina tidak terlalu kelihatan atau datar.

7. Tulang pubis

Burung kutilang betina memiliki tulang pubis yang renggang, lunak dan lebih lebar karna digunakan untuk mengeluarkan telur. Sedangkan tulang pubis pada burung kutilang jantan keras, rapat dan menonjol.

Demikian penjelasan mengenai cara membedakan burung kutilang jantan dan betina. Jika masih ragu apakah burung kutilang yang Anda miliki jantan atau betina, bisa kirim fotonya ke komentar ya, biar Admin bantu jawab. Semoga bermanfaat.

Author

Write A Comment