Zat Dalam makanan burung beo

Post On: April 29, 2015
By: Dhio
In: Beo

Zat dalam makanan burung beo yang harus kamu penuhi adalah:
1. Karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi. Seperti manusia, makanan burung beo juga perlu karbohidrat yang berfungsi juga sebagai cadangan lemak dan menjaga fungsi alat-alat pencernaan. Sumber karbohidrat dalam makanan burung beo bisa didapat dari pisang, pepaya dan jenis biji-bijian. Dalam pemberian karbohidrat jangan terlalu banyak agar burung beo tidak gemuk dan malas.

2. Protein berfungsi sebagai zat penumbuh burung, memperbaiki jaringan tubuh burung agar sehat kembali, dan yang paling penting membuat daya tahan tubuh burung beo kamu meningkat. Sumber protein dalam zat makanan burung beo bisa kamu dapatkan dengan protein hewani dan nabati. Untuk burung beo kamu bisa memberikan kroto, capung dan bisa juga makanan lainnya yang kamu celupkan dalam adonan telur. Untuk sumber protein nabati kamu bisa dapatkan dari beberapa jenis kacang-kacangan dan jagung. Kekurangan zat protein membuat burung beo kamu bulunya rusak, tidak tumbuh, dan burung beo merusak bulunya sendiri. Porsi makanan burung beo harian yang pas yaitu 60 % karbohidrat dan 40 % protein.

zat dalam makanan burung beo

Beberapa zat dalam makanan burung beo

3. Lemak berfungsi sebagai sumber energi cadangan, membentuk tubuh, sumber vitamin A,D,E,K dan pengatur suhu tubuh. Namun jika kelebihan lemak bisa membuat warna kotoran burung beo berwarna putih dan berbau busuk.

4. Vitamin berfungsi sebagai mempelancar metabolisme, membentuk tulang, meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan alat seksual dan kesehatan reproduksi.

5. Mineral berfungsi sebagai penjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga fungsi syaraf agar tetap sehat dan menjaga kelangsungan kesehatan organ burung beo. Jika kamu ingin burung beo kamu memiliki bulu yang mengkilat dan pertumbuhan bulunya bagus maka kamu harus memenuhi kebutuhan zat mineral dalam tubuh burung beo peliharaan kamu.

6. Air dan serat diperlukan untuk menyerap zat penting lainnya dalam makanan yang kamu berikan dan merangsang alat pencernaan agar berfungsi dengan baik.

Demikianlah zat dalam makanan burung beo yang harus kamu perhatikan dan kamu penuhi untuk menjaga kesehatan burung beo kamu. Untuk melihat jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di mengenal burung parkit.