Yang diperlukan untuk beternak kelinci

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap orang yang akan beternak kelinci harus tahu hay yang diperlukan untuk beternak kelinci. Beternak kelinci bisa dimulai dari rumah dengan modal kecil. Yang penting adalah pengetahuan perawatan, pemberian pakan, menjaga kesehatan kelinci.

hal Yang diperlukan untuk beternak kelinci

Beberapa hal yang diperlukan untuk beternak kelinci

Mempersiapkan Kandang

Ukuran kandang bisa disesuaikan dengan jumlah kelinci yang akan diternakkan. Untuk satu ukuran kandang diperlukan 3 kali ukuran badan kelinci. Kandang kelinci bisa dibuat dengan sistem tertutup atau terbuka tergantung dengan luas ruangan yang tersedia.

Untuk beternak kelinci di rumah, bisa dengan membeli kandang kelinci di petshop. Kandang perlu diletakkan di tempat tenang, tidak dilewati orang atau kendaraan dan memiliki cukup cahaya matahari dan pertukaran udara. Kandang harus berada cukup jauh dari dapur dan ruang makan agar tidak terganggu dengan bau kotoran kelinci.

Memilih Pakan Kelinci

Biasanya peternak kelinci menggunakan pakan pelet dicampurkan dengan pakan sayuran. Namun harus pandai menghitung hitung biaya yang diperlukan untuk pakan. Perlu diingat bahwa pelet untuk kelinci harganya cukup mahal karena kandungan gizinya cukup sempurna. Cara terbaik adalah memberikan pakan pelet setiap pagi dan pakan sayuran setiap sore. Yang penting adalah jangan meletakkan pakan pelet dan pakan sayuran dalam satu tempat dengan mencampurnya. Jumlah pakan yang diberikan sekali makan adalah 5 persen dari berat badan tubuhnya. Jadi anda perlu memperhatikan dengan rinci biaya untuk pakan.

Memilih bakalan induk yang sehat

Untuk jenis kelinci hias maka indukan kelinci berbulu panjang seperti kelinci angora, rex, dan american chincilia adalah  jenis kelinci yang sangat cocok untuk di ternakan. Pilih kelinci dewasa yang memiliki bulu tidak kusam, fertilitas tinggi, tidak gampang gugup, tidak cacat, aktif, dan mata bersih serta terawat.

Yang diperlukan untuk beternak kelinci

Demikian informasi mengenai yang diperlukan untuk beternak kelinci. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara mengawinkan kelinci dengan mudah.