Tips memelihara burung kakatua

Post On: May 15, 2015
By: Dhio

Tips memelihara burung kakatua bisa kamu pelajari, tapi sebelumnya mengerti dulu penjelasan berikut ini. Sebelum memelihara burung kakatua, kita harus mengerti dulu cara menjaga kesehatan burung kakatua peliharaan kita. Cara untuk melihat keadaan burung kakatua sehat atau tidak bisa dari matanya, jika matanya bersih dan tidak ada kotoran, benjolan ataupun semacam goresan di sekitar mata berarti burung kakatua dalam keadaan sehat. Lihat juga hidungnya apakah ada benjolan atau warna kemerah-merahan supaya tidak ada iritasi. Periksa kakinya apakah kakinya ada yang dingin atau hangat berarti burung kakatua kamu kurang sehat. Lihat juga kotorannya apakah ada cacing, berwarna putih, hitam, kuning atau oranye berarti keadaan pencernaanya kurang baik. Usahakan burung kakatua kamu dalam keadaan gemuk, karena burung kakatua yang kurus mudah terkena penyakit.

memelihara burung kakatua

memelihara burung kakatua

Tips memelihara burung kakatua selanjutnya yaitu untuk membuat burung kakatua menjadi jinak. Tanda burung kakatua peliharaan kamu sudah jinak yaitu mau melompak ke tangan kamu ketika dipanggil, tidak mematuk-matuk, dan tidak marah ketika dipegang bulunya.

Apabila burung kakatua kamu bising terus menerus dan menggerogoti kayu di tenggerannya berarti dia lagi butuh perhatian dan cukup diberi makanan atau mainan yang cukup. Untuk memelihara burung kakatua jangan diletakkan di dalam sangkar karena akan mengekang burung kakatua sehingga dia tidak bisa terbang bebas, cukup dengan membuat tenggeran di beberapa tempat di pekarangan rumah agar burung kakatua kamu bisa terbang bebas. Dengan cara demikian maka burung kakatua akan lebih mudah untuk dijinakkan.

Beberapa tips memelihara burung kakatua

Tips memelihara burung kakatua adalah kesabaran, rasa sayang dan terus dilakukan secara konsisten agar hasilnya maksimal. Agar burung kakatua cepat jinak, maka diusahakan memeliharanya dari anak-anak. untuk melatih burung kakatua kamu maka cara yang bisa kamu lakukan adalah :

tips memelihara burung kakatua
1. Melatih dengan bantuan waktu, seperti ketika matahari terbit teruslah berkata “selamat pagi” kepada burung kakatua secara terus-menerus selama 1 jam. Juga pada saat matahari sedang panas-panasnya ajarkan untuk berkata “selamat siang”, begitu juga ketika matahari mau terbenam ajarkan untuk berkata “selamat malam”.

2. Terus berkomunikasi atau ngajak ngomong burung kakatua kamu kapanpun kamu punya waktu kosong. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar burung kakatua kamu tahu bahwa kamu adalah pemilik dan tuannya sehingga proses menjinakkan burung kakatua peliharaan kamu menjadi lebih mudah. Ketika mengajak burung kakatua kamu untuk berbicara cukup mengikat kakinya ke tenggeran. Dengan cara begitu maka diharapkan interaksi akan lebih maksimal dan burung kakatua kamu merasa dekat dengan sang pemilik. Jangan lupa berikan makan ketika dia mau menyahut atau mau ngomong dengan pemiliknya.

3. Tahap pelatihan berikutnya yaitu kita berbicara dengan burung kakatua di tempat yang tenang tanpa suara bising yang mengganggu. Usahakan ketika memberi makan katakan “ayo makan” atau “sini sayang kita makan”. Dengan pengucapan terus-menerus ketika memberi makan maka burung kakatua akan mengerti apa maksud kata yang diucapkan. Juga menjadi cara ketika burung kakatua dalam keadaan lapar dia bisa ngomong “ayo makan” atau “sini sayang kita makan” supaya kita langsung ngasih makan karena burung kakatua manggil kita untuk makan.

Jangan lupa ketika burung kakatua kamu berhasil melakukan apa yang kamu minta berikan makanan atau mainan sebagai reward karena bisa melakukan apa yang kamu suruh. Makanan Reward yang bisa kamu berikan misalnya potongan kecil buah-buahan.

Demikianlah tips memelihara burung kakatua, semoga bisa bermaanfaat. Untuk melihat jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Informasi berikutnya lihat di Cara merawat burung kakatua.