Tips Memelihara Burung Hantu

Post On: April 20, 2015
By: Dhio
In: Owl

Dalam memelihara burung hantu maka kamu harus mengetahui tips memelihara burung hantu seperti dibawah ini.

Beberapa tips memelihara burung hantu

1. Tips memelihara burung hantu yang pertama adalah memberikan makan yang cukup, apalagi jika kamu memelihara jenis burung hantu yang berukuran kecil seperti Celepuk. Dengan celepuk, cukup dengan memberikan kurang lebih 10 ekor jangkrik di saat maghrib dan 10 ekor jangkrik lagi saat menjelang subuh. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa ada yang tidak boleh diberi ikan lele atau tidak, menurut saya itu tergantung kamu. Kalau menurut orang yang sudah memelihara burung hantu, memberi makan burung hantu dengan ikan lele tidaklah terlalu berbahaya yang penting tidak terlalu penting, cukup seminggu diberi 2 ekor ikan lele (jadi tiap tiga hari sekali diberi 1 ekor ikan lele).

Untuk kamu yang memelihara burung hantu yang masih berumur bulanan, maka lebih baik cuma diberi jangkrik (20 ekor sehari, 10 ekor saat maghrib dan 10 ekor lagi saat sebelum subuh) sampai berumur 9 bulan. Setelah berumur 10 bulan baru kamu bisa memberi tikus putih terlebih dahulu (jangan memberi ikan, berilah ikan ketika burung hantu sudah mencapai umur 2 tahun).

2. Jangan membuat tenggeran ataupun sarang di udara yang panas, karena burung hantu tidak menyukai tempat yang panas, usahakan udara ruangan tempat burung hantu bertengger sekitar 20-25 derajat celcius.

3. Dan Jangan pula membuat tenggeran di tempat yang dingin, jika sudah malam tetaplah meletakkan tenggeran dekat dengan rumah agar keadaan burung hantu peliharaan kamu menjadi hangat dan tidak terlalu dingin di saat malam.

memelihara burung hantu

4. Mungkin hal yang satu ini agak aneh, tetapi selalu ajak burung hantu peliharaan kamu berbicara supaya burung hantu kamu semakin sadar bahwa kamu adalah tuannya karena selalu melakukan kontak mata dengan burung peliharaanmu. Perlu diketahui jika burung hantu peliharaanmu tidak mau makan berarti dia dalam keadaan stress, buatlah suasana tempat dia istirahat atau bertengger dalam keadaan nyaman. Karena jika burung hantu peliharaan kamu terus ngambek dan tidak makan selama 2 hari saja maka ia akan mati.

5. Tips memelihara burung hantu yang terakhir adalah Letakkan tenggeran burung hantu peliharaanmu di ruangan yang sedikit gelap agar burung hantu merasa nyaman saat beristirahat di siang hari. Terutama pada saat malam hari. Jangan nyalakan lampu di ruangan tempat tenggeran burung peliharaanmu apalagi pada saat malam hari. karena burung hantu tidak menyukai cahaya yang terlalu banyak di malam hari.

untuk melihat jenis-jenis burung peliharaan lainnya bisa dilihat di Home. Untuk melihat informasi lainnya silahkan lihat di burung hantu di alam bebas.