Tanda dan proses kambing melahirkan

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kambing harus tahu tanda dan proses kambing melahirkan. Kambing melahirkan selama 5 bulan atau 150 hari. Ditandai dengan ambing membesar dan puting susu terisi penuh. Vagina mulai berlendir, bengkak dan memerah. Nafsu makan berkurang, sering kencing, gelisah serta sering menggaruk-garukan kaki depan ke lantai kandang atau ke tanah. Sering memperhatikan bagian belakang tubuhnya sambil mengembik.

Jika kambing betina sudah menunjukkan tanda tanda ini, maka harus dibuat persiapan proses melahirkan. Bersihkan kandang lalu beri alas kering yang menyerap air seperti jerami kering. Ini dikarenakan saat cairan yang keluar saat proses kelahiran bisa langsung terserap tanpa harus membuat becek lantai kandang. Sediakan juga Yodium, untuk dioleskan pada bekas potongan pusar.

Tanda dan proses kambing melahirkan

Tanda dan proses kambing melahirkan normal

Biasanya kambing melahirkan 2 ekor anak, namun bisa juga melahirkan 1, 3 bahkan 4 ekor anak kambing. Proses kelahiran kambing memakan waktu paling lama 30 menit saja. Ini diawali dengan keluarnya ketuban dari vagina induk yang berbentuk bulat seperti bola berisi air, tidak lama kemudian gelembung tersebut akan pecah di ikuti proses keluarnya anak kambing tersebut. Posisi anak yang lahir normal biasanya 2 kaki depan keluar lebih dulu, kemudian bagian kepala hingga seluruhnya keluar sempurna.

Namun jika setelah 45 menit setelah ketuban pecah dan belum ada tanda-tanda anak yang keluar, berarti ada kelainan dan pemiliknya harus membantu proses kelahiran. Langkahnya yaitu bersihkan alat kelamin induk betina dengan handuk bersih. Bersihkan tangan kuku kita harus pendek. Masukkan tangan dengan menguncup ke alat kelamin kambing dengan pelan dan hati hati. Lalu keluarkan dengan tarik perlahan lahan bagian kaki kambing sambil mengikuti dorongan dari induk. Jangan menarik paksa tanpa ada dorongan dari induk.

Penyebab sulitnya anak keluar adalah karena induk memiliki pinggul yang sempit, ukuran tubuh anak terlalu besar, anak mati dalam kandungan atau kondisi induk yang tidak sehat. Selain itu, posisi anak kambing yang tidak normal juga bisa menghambat proses kelahiran seperti salah satu kaki tertekuk, kepala menengok ke belakang, posisi anak melingkar atau terbalik dan anak kembar yang tidak normal.

beberapa Tanda dan proses kambing melahirkan

 

Setelah mengetahui tanda dan proses kambing melahirkan, anda perlu tahu cara merawat anak kambing yang baru lahir.

Potong tali pusar anak kambing dengan gunting yang steril.

Potong sepanjang 5 Cm dan olesi dengan Yodium.

Induknya biasanya akan menjilati anaknya hingga kering. Namun kita perlu membersihkan badan anaknya dengan handuk kering.

Bersihkan juga hidung dan mulutnya agar tidak ada lendir dan selaput selaput yang tertinggal.

Induk kambing juga perlu dibersihkan terutama di bagian pantat, kemaluan, ekor, ambing. Gunanya untuk menghilangkan darah atau cairan yang masih menempel. Jika tidak dibersihkan cairan tersebut bisa mengundang hinggapnya lalat-lalat yang dapat menjadi sumber penyakit.

Jika kondisi induk tetap lemah, suntikkan vitamin dan suplemen untuk menjaga kesehatannya.

Tanda dan proses kambing melahirkan normal

Demikian informasi mengenai Tanda dan proses kambing melahirkan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai jenis penyakit yang sering menyerang kambing.