Suara Master Untuk Burung Kacer

Post On: November 16, 2015
By: Dhio
In: kacer

Suara master untuk burung kacer bisa disesuaikan dengan karakter, tipe dan variasi suara kacer yang kamu pelihara. Sebelum melakukan pemasteran suara buat kacer, sebaiknya kicau mania menyadari bahwa suara yang akan dimasukkan ke momongan kita tersebut adalah untuk tujuan lomba atau untuk memenuhi penilaian lomba, bukan sekadar suara unik atau bagus saja. Dalam lomba burung berkicau, penilaian utama ditujukan adalah kemampuan seni suara burung yang dilombakan atau irama lagu. Berikutnya baru tentang volume dan penampilan fisik dan gaya. Ibrat seorang penyanyi, Irama lagu atau bunyi yang dikeluarkan oleh burung harus memiliki tempo dan ketukan yang teratur. Artinya ada naik dan turunnya nada, ada kombinasi panjang pendeknya nada, serta speednya selaras dengan lagu yang dinyanyikan, sehingga suara burung enak didengar atau tidak fals.

Suara Master Untuk Burung Kacer

Cara memilih suara master untuk burung kacer.

Singkatnya, Suara master untuk burung kacer saat burung digantungkan harus gacor alias aktif berbunyi. Burung juga harus memiliki tonjolan-tonjolan suara. Dengan permainan speed ritme atau spasi nada. Isian yang dikeluarkan harus memiliki harmonisasi dengan nada nada yang lain dan tidak terpotong potong. Sedangkan soal volume, sebenarnya bukan hanya kerasnya saja, tetapi suaranya harus bersih dan nyaring. Penilaian terakhir barulah pada gaya burung ketika digantangkan. Di lapangan, ada pemelihara burung ayng beranggapan bahwa irama lagu tidak terlalu penting bagi kacer dan hanya perlu gacor dan keras saja. Alasannya sederhana, kalau sudah punya modal kuat seperti suara ciut, kacer disekitarnya jatuh mental dan akhirnya ngebagong, otomatis penilaian juri akan terpusat pada kacer yang ciutannya keras tersebut. Tapi taktik ini membuat kacer seperti Mike Tyson yang memiliki pukulan cepat dan kuat dan sangat agresif sehingga mampu menjatuhkan semua lawannya di ronde awal.

Tapi strategi itu akan menjadi mumerang ketika lawan lawannya juga punya mental tempur yang kuat. Lagipula kacer seperti Mike Tyson butuh stamina yang besar. Sehingga kalau menghadapi lawan yang mampu melakukan irama lagu dengan baik, kacer seperti Mike Tyson akan cepat kehabisan tenaga. Karena itulah penting bagi pemilik burung kacer untuk memilih suara master untuk burung kacer peliharaannya yang sesuai dengan karakter, tipe dan variasi suara burungnya. Kacer pada dasarnya punya suara yang mengalun. Oleh karena itu ada baiknya kacer dilatih dengan suara ngerol yang tidak mengalun. Untuk melatih suara ngerol tapi tidak mengalun ada baiknya kacer diperdengarkan isian suara jangkrik. Kemudian langkah selanjutnya kacer dikenalkan suara yang love bird agar mampu ngerol dengan suara tajam. Setelah itu kacer juga diperkenalkan dengan suara belalang sehinggnya ngerolnya bisa patah patah dan tajam.

Tips memilih Suara Master Untuk Burung Kacer

Tetapi kalau kamu mau memasukkan isian suara kenari yang bertipe ngerol tapi mengalun ada baiknya dikombinasikan dengan suara cucak jenggot karena seperti disebutkan sebelumnya kacer juga punya suara mengalun. Sementara suara cililin memang sedang jadi trend untuk isian, tetapi suara cililin memiliki kerapatan dan nada tinggi. Banyak burung ayng kesulitan membawakan cililin dalam durasi yang panjang. Suara cililin juga tidak memiliki jeda, tidak ada suara kasar kasarnya sehingga harus dipadukan dengan suara master untuk burung kacer yang lainnya.

Demikianlah informasi mengenai suara master untuk burung kacer. Untuk melihat jenis jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ merawat kesehatan burung kacer.