Semua tentang kakatua kecil jambul kuning

Post On: May 10, 2016
By: Dhio

Kakatua kecil jambul kuning atau Cacatua sulphurea adalah burung yang berukuran sedang, dengan panjang sekitar 35 cm. Burung ini hampir seluruh tubuhnya berwarna putih. Keunikan burung ini adalah terdapat jambul di kepalanya yang dapat ditegakkan. Kakatua kecil jambul kuning memiliki paruh berwarna hitam, kulit di sekitar mata berwarna kebiruan dan kakinya berwarna abu-abu. Bulu bulu yang ada di sayap dan ekornya juga sedikit berwarna kuning. Warna dan ukuran burung jantan dan betina tidak terlalu berbeda.

kakatua kecil jambul kuning

Daerah sebaran burung ini adalah kepulauan sunda kecil, bali dan timor yang masih terdapat hutan-hutan primer dan sekunder. Pakan burung ini terdiri dari biji-bijian, kacang, dan aneka buah-buahan. Burung betina bisa menetaskan antara dua sampai tiga telur dalam sarangnya yang berada di lubang pohon.

Burung kakatua kecil jambul kuning memang berjumlah sedikit dan nyaris punah. Burung ini menjadi salah satu 18 spesies burung yang berstatus Critically Endangered (Kritis). Burung Kakatua Kecil Jambul Kuning merupakan satu dari enam spesies kakatua yang terdapat di Indonesia. Burung yang memiliki paruh bengkok ini mempunyai ciri khas bulu putih yang menutupi hampir seluruh tubuhnya dan jambul yang berwarna kuning.

Ukuran dan Perilaku burung kakatua kecil jambul kuning

Ukuran burung ini yaitu panjangnya 35 cm. Burung yang memiliki paruh bengkok ini mendiami daerah hutan, pingiran hutan, semak hingga daerah pertanian dengan ketinggian mencapai 800 meter dpl. Sebagaimana jenis burung kakatua lainnya, Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea) merupakan burung yang pandai diantara burung burung yang lain.

kakatua kecil jambul kuning indonesia

Klasifikasi Ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Aves; Ordo: Psittaciformes; Famili: Cacatuidae; Genus: Cacatua; Spesies: Cacatua sulphurea.

Demikian informasi semua tentang kakatua kecil jambul kuning, untuk mengetahui artikel berikutnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya semua mengenai kakatua maluku.