Semua mengenai Kakatua maluku

Post On: May 12, 2016
By: Dhio

Kakatua Maluku dapat mencapai ukuran tubuh 55cm dengan ciri khas sekujur tubuh putih dengan nuansa merah muda dan jambulnya berwarna merah muda cenderung jingga. Habitat penyebaran kakatua Maluku ini adalah P.Haruku,P.Saparua,P.Seram yang merupakan wilayah Maluku bagian selatan

Kakatua maluku atau Cacatua moluccensis atau bahasa inggrisnya Salmon-crested cockatoo merupakan burung kakatua endemik dari kepulauan Seram dan Maluku di wilayah Indonesia bagian timur. Di habitatnya burung ini bermukim di hutan-hutan dataran rendah dengen ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut, burung ini mencari makan yang berupa biji-bijian, kacang, buah dan kelapa.

perilaku Kakatua maluku
Burung kakatua maluku ini merupakan salah satu burung dari jenis paruh bengkok yang dilindungi karena keberadaan di habitatnya yang sudah terancam dan semakin langka. Ciri khusus dari kakatua maluku adalah jambulnya yang berwarna merah jambu yang bisa ditegakan. Ketika burung kakatua Maluku menegakkan jambulnya maka hal ini menunjukkan bahwa:

Sedang mencari perhatian pasangannya.

Mencoba mempertahankan wilayah atau kelompoknya.

Sedang memanggil anggota kelompoknya.

Sedang mengeskpresikan keingin-tahuan / rasa penasarannya.

Sedang senang atau gembira, kaget, frustasi atau takut.

Kakatua maluku jantan dan betina

Burung kakatua yang sedang menegakan jambulnya lebih baik dihindari atau jangan didekati karena resiko digigit. Kemampuan gigtan paruhnya bisa memecah buah kelapa dengan mudah. Lain halnya jika jambul sedang diturunkan maka burung tersebut menunjukan keramahan, ketenangan dan bisa di ajak main oleh kita.

Perbedaan kakatua Maluku jantan dan betina 

Perbedaan jenis kelamin bisa dilihat dari warna matanya. Warna burung jantan memiliki warna mata coklat atau hitam gelap sedangkan burung betina memiliki warna mata coklat sedikit kemerahan. Cukup senter saja kea rah matanya untuk melihat jenis kelaminnya.

Demikian informasi semua mengenai kakatua maluku, untuk mengetahui artikel berikutnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai memilih ikan koi yang bagus.