Sangkar Nyaman Untuk Kenari

Post On: April 2, 2015
By: Dhio
In: Kenari

Sangkar Nyaman untuk Kenari bisa didapatkan dengan salah satunya yaitu mencegah gangguan seperti kebersihan sangkar, kebersihan sangkar harus senantiasa diperhatikan setiap hari dari kotoran, membuang sisa pakan hijau yang tidak habis dimakan, membersihkan kulit biji-bijian dari sangkarnya dan mengganti air minum burung minimal 2 kali sehari merupakan cara yang baik untuk menghindari adanya parasit pengganggu. agar kotorannya yang agak lembek dan lengket mudah dibersihkan, sebaiknya alas sangkar diberi pasir. Dan lebih disarankan lagi yaitu pasir dicampur dengan jenis pasir untuk buang air binatang kucing, karena pasir untuk buang air kucing peliharaan mudah didapat dan ada bau harumnya juga. Jika dilakukan dengan seksama maka kamu juga dapat memberikan rasa hangat tidak hanya pada sang pejantan tetapi juga pada pasangan kenari yang ada di sangkar.

Sangkar nyaman untuk kenari sangat penting apalagi bagi kamu yang ingin menangkarkan kenari atau memperanakkan burung kenari kamu. Sebelum menangkarkan kembali pasangan yang telah siap bertelur, sangkar dicuci kemudian dicuci sampai kering. selanjutnya sudut-sudut sangkar disemprot dengan desinfektan. bila mengguanak kandang sistem baterai, pastikan tidak ada kenari di kandang tersebut pada saat penyemprotan. menjaga ketenangan burung dari gangguan lingkungan tidak hanya menghindari dari kucing, tikus atau suara-suara yang terlalu gaduh. hama lain yang bersifat merugikan juga harus dicegah jangan sampai terjadi karena bila burung stress maka daya tahan tubuhnya akan menurun.

Semut merupakan salah satu hama pengganggu bagi kenari yang ditangkarkan dan diletakkan di atas rak khusus, ditempelkan di dinding, maupun dalam sangkar soliter yang digantungkan. untuk mengatasinya, sediakan kaleng kecil yang diisi air bercampur oli bekas, kemudian kaki sangkar dimasukkan ke dalamnya dengan diberi ganjal berupa batu. pada sangkar yang ditempelkan di dinding, di sekitar sangkar digariskan “kapur ajaib”pengusir kecoa dan semut. kapur itu mudah diperoleh di pasaran. selain semut, hama lain yang perlu diwaspadai adalah nyamuk, terutama bagi kenari yang ditempatkan di luar rumah. untuk menanggulangi hal itu, kandang maupun sangakr soliter tempat penangkaran sebaiknya ditutup kain tipis menjelang malam hari.

Sangkar nyaman untuk kenari belum tentu sama dengan jenis-jenis burung peliharaan lainnya yang bisa dilihat di Home.

Sangkar Nyaman Untuk Kenari.

menyediakan sangkar nyaman untuk kenari bisa juga dilakukan dengan melakukan hal-hal dibawah ini.
1. sangkar soliter : dalam memilih sangkar soliter perlu memperhatikan beberapa hal, terutama menyangkut ukuran dan bentuknya. kekuatan sangkar soliter juga akan terpengaruh karena adanya pengaruh alam, seperti percikan maupun panas matahari pada saat penjemuran burung.
a. ukuran sangkar : ukuran terbaik yaitu tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. karena jika terlalu kecil burung menjadi cenderung gemuk dan malas bergerak sehingga menjadi malas berkicau. efek lain dari sangkar yang kecil yaitu jari-jari kaki kenari akan lebih cepat bersisik.
sangkar ideal yang baik untuk merawat kenari dan mudah ditemukan di pasaran adalah panjang 35 cm, lebar 35 cm dan tinggi 55 cm.
b. bentuk sangkar : bentuk yang menjadi pilihan utama adalah segi empat.
c. kualitas sangkar : sangkar harus divernis, dicat, atau dipelitur.

2. tempat pakan dan tempat minuman : khusus untuk tempat pakan dan minuman impor telah dirancang secara khusus sehingga keluarnya pakan biji-bijian dan juga air minuman dapat diatur. dengan demikian, mutu pakan dan minuman dapat terjaga dan pemberiannya tidak harus setiap hari.

3. tenggeran
a. bentuk : bentuk tenggeran yang baik untuk kenari sebaiknya tidak terlalu bulat, misalnya dari cabang kayu jambu air, jambu batu atau cabang kayu lainnya. sebelum digunakan, kulit bagian luar harus dikupas lebih dahulu dan kemudian dijemur hingga kering. tenggeran buatan yang bagus yaitu bagian permukaannya yang diberi semacam pasir agak kasar yang menempel dengan tujuan untuk mengikis kuku burung agar tidak bertambah panjang. kegelisahan kenari dengan tempat tenggerannya bisa dilihat dengan gerakan melompat-lompat atau mengangkat kakinya berulang-ulang.
b. ukuran : diameter tengah yang terbaik yaitu 1,2-1,5 cm. ukuran tersebut memadai karena tidak mempertemukan kuku jari depan dengan kuku jari belakang.
c. penempatan : ditempatkan pada posisi kokoh dan tidak goyang. bisa diletakkan di dua tempat atau tiga.

sangkar nyaman untuk kenari

4. aksesori : upaya untuk meningkatkan daya tarik sangkar tidak hanya dengan mengecatnya, tetapi dilakukan dengan memberikan aksesori. seperti tempat meletakkan pakan dan makanan.

5. kain penutup sangkar : kenari bakalan perlu ditutup pada saat malam hari agar mudah mendapatkan ketenangan, kenyamanan dan mempercepat pemulihan kondisi fisik. kenari dapat mengenali lingkungannya yang baru. bila kenari telah jinak dan rajin berkicau atau telah terlatih sebelumnya maka sangkar ditutup secara keseluruhan atau dibuka sebagian setelah burung dijemur. dengan dikerudungi sangkarnya, kenari akan mempunyai nafsu berkicau pada saat penutup dibuka. selain itu, proses ganti bulu lebih cepat karena lebih tenang. apabila satu kenari dibiarkan melihat secara terus menerus ke kenari lainnya maka salah satu kenari akan berkicau kurang lepas. oleh karena itu, kain penutup sangkar harus selalu disediakan.

Jika ingin mengetahui informasi lainnya maka kamu harus melihat persiapan kontes burung kenari.