Sangkar burung perkutut peliharaan

Post On: May 7, 2015
By: Dhio

Sangkar burung perkutut bisa kamu atur sesuai dengan yang dibawah ini:

Perlengkapan seperti wadah pakan, tempat minum, tenggeran, penampung kotoran, atap dan ventilasi.
Wadah pakan sediakan 2 buah, disarankan dalam memberi makan burung perkutut kamu berikan 2 makanan sekaligus supaya burung perkutut tidak cepat bosan. Wadahnya juga tidak perlu terlalu besar cukup diameternya 5 Cm dengan dalam juga 5 Cm.

Tempat minum tidak perlu terlalu besar tetapi air minumnya harus sering diganti dan dibersihkan wadahnya karena air minum merupakan salah satu sumber penyebaran penyakit. Letakkan wadah air minum jauh dari jangkauan air hujan. Karena air minum yang kita berikan adalah air yang sudah direbus sehingga kumannya hilang, jika kemasukan air hujan maka bisa saja bakteri masuk ke air minumnya.

sangkar burung perkutut

Ukuran tenggerannya pas sesuai dengan kaki burung perkutut. Diameter yang disarankan yaitu 3 Cm, jangan bersihkan kulit kayu untuk dijadikan tenggerannya. Hal ini supaya burung perkutut tidak mudah terpeleset ketika berjalan di atas tenggerannya. Dalam satu sangkar usahakan buat 3 tenggeran dengan jarak yang cukup supaya burung perkutut bisa terbang atau melompat antar tenggeran. Jarak antar satu tenggeran ke tenggeran lainnya yaitu 20 Cm.

Pada bagian atap sangkar burung perkutut, buat supaya tidak terlalu gaduh saat terkena air hujan. Intinya buat perlengkapan sangkar burung perkutut senyaman mungkin dan tidak membahayakan burung perkutut kamu. Juga cat bagian dalam atap dan sangkarnya dengan warna gelap supaya burung perkutut merasa nyaman di dalamnya. Dan yang paling penting yaitu seluruh bagian luar sangkar dicat dengan cat anti air supaya bagian dalam sangkar tidak basah terkena air hujan dan juga dilapisi plastik tembus pandang untuk melindungi atau mengurangi panasnya sinar matahari.

Penampung kotoran sebaiknya dibuat seperti laci, jadi kalau mau membersihkan kotorannya tinggal ditarik saja dari sangkarnya dan bisa langsung dibersihkan. di penampung kotoran juga letakkan sedikit pasir untuk mengurangi bau yang disebabkan oleh kotorannya.

Penempatan sangkar burung perkutut.

Penempatan sangkar burung perkutut juga minimal 1.5 meter dan berdekatan dengan pohon supaya rasa nyaman saat tinggal di sangkarnya bisa didapatkan. Cari cara agar sangkarnya tidak bergoyang ketika terkena angin kencang, jika kandangnya bergoyang maka burung perkutut merasa takut dan bisa-bisa tidak mau masuk ke sangkarnya lagi. Usahakan penempatan sangkar mendapatkan sinar matahari pagi pada jam 7-10 yaitu menghadap timur. Tempat sangkar kalau bisa di tempat yang tenang jauh dari bunyi kendaraan bermotor yang bisa mengagetkan. Kucing dan anjing jangan sampai mendekati sangkar karena akan mengurangi rasa nyaman. Letak sangkar juga tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat dengan keramaian manusia, supaya burung perkutut tidak terlalu takut terhadap manusia dan tidak juga terlalu terganggu dengan kehadiran manusia.

Kebersihan sangkar burung perkutut juga harus diperhatikan. Usahakan setiap hari penampung kotoran, wadah minum dan wadah makannya dibersihkan dengan memakai cairan desinfektan (tapi jangan terlalu banyak) yang dicampur dengan air dan dibersihkan dengan spons.

Demikianlah saran untuk sangkar burung perkutut. Untuk melihat jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di merawat burung perkutut.