Proses kelahiran anak kambing dan cara menanganinya

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap peternak kambing harus tahu proses kelahiran anak kambing dan cara menanganinya. Saat kambing memasuki masa akhir kehamilan, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kelahirannya.

Proses kelahiran anak kambing dan cara menanganinya

Proses kelahiran anak kambing dan cara menanganinya dengan benar

Semua diawali dari kambing yang sudah berusia 9 bulan dikawinkan yang bisa dilihat dari tanda tanda seperti kegelisahan, alat kelamin kambing menjadi kemerahan dan bengkak, ekor yang di gerak – gerakkan, dan juga berkurangnya nafsu makan.

Setelah kawin, kambing betina akan mengandung selama 6 bulan paling lama.

Tanda kambing akan melahirkan yaitu mulai menggaruk – garuk lantai kandang dan terlihat gelisah.

Setiap pemilik harus ikut serta dalam proses kelahiran untuk menghindari hal- hal yang tidak di inginkan.

Dengan perawatan yang benar, kambing bisa melahirkan setiap 8 bulan dan bisa menghasilkan 1 – 4 ekor anak kambing sekali melahirkan. Setelah 2 bulan semenjak sang induk kambing melahirkan maka sudah bisa dikawinkan kembali dengan kambing pejantan.

Pastikan anak kambing mendapatkan asupan susu dari induknya selama dua bulan. Lalu berikutnya bisa diberikan susu buatan.

Setela berumur 4 bulan, kambing bisa dijual sebagai bakalan bibit. Atau setelah 10 bulan bisa dipanen untuk mendapatkan dagingnya.

Diperlukan ketelatenan, kedisiplinan dan kesabaran karena masa panen cukup lama. Tapi hasilnya juga tidak sedikit ketika memelihara lebih dari 4 kambing sekaligus.

tahap Proses kelahiran anak kambing dan cara menanganinya

Demikian informasi mengenai proses kelahiran anak kambing dan cara menanganinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai memilih makanan yang tepat untuk kesehatan kura kura.