Persiapan Kontes Burung Kenari

Post On: April 4, 2015
By: Dhio
In: Kenari

Persiapan Kontes Burung kenari harus mempertimbangkan hal-hal seperti:

*Usia kenari yang dikonteskan
*Keistimewaan suara yang bukan menjadi dasar suaranya. untuk itu, pemasteran suara dilakukan sejak masih anakan dan diketahui pasti jenisnya jantan. kenari ditampilkan ke arena kontes pada usia 10-11 bulan cukup memungkinkan. namun, bila usianya relatif muda, masih diragukan kestabilannya dalam berkicau, apalagi kalau latihan fisiknya kurang. selama ini yang menjadi kelemahan kenari adalah menyangkut kestabilannya dalam berkicau. hal ini terjadi pada kenari dewasa yang telah terlatih sebelumnya dan yang sudah sering dikonteskan, apalagi pada kenari yang masih muda. menyangkut kestabilannya di arena kontes, pemberian obat (dopping) kurang baik, khususnya pada kenari yang usianya tergolong muda.

Jika cara merawatnya benar-benar baik, persiapan kontes burung kenari terus menerus dilakukan maka masih memungkinkan tampil di arena kontes sampai usia sembilan tahun. tentunya waktu tersebut bukanlah masa yang pendek, tetapi karena pengaruh dopping sering dilakukan para hobiis untuk meningkatkan penampilannya di arena kontes. umumnya hal tersebut menjadi salah satu penyebab pendeknya usia kenari yang selalu ditampilkan dalam kontes, saat ditangkarkan tidak mampu memberi keturunan, dan kalau betinanya bertelur maka daya tetasnya rendah.

*kondisi kesehatan selalu dijaga dengan cara menjaga kualitas pakan dan air minumnya. supaya tetap rajin berkicau, badan kenari sebaiknya tidak kegemukan sehingga pakannya harus dibatasi. setelah memasuki satu minggu menjelang diadakannya kontes, porsi pakan biji-bijian (terutama biji lobak) harus dibatasi. sebaliknya, porsi sayuran dan buah lebih diperbanyak agar kondisi kenari tetap sehat dan suaranya lebih jernih. 3 hari menjelang kontes maka diberikan kuning telur dan madu setiap harinya agar stamina burung kenari dalam keadaan fit saat mengikuti kontes.

*kicauan dibatasi, caranya yaitu dengan menutupnya terus-menerus selama 3-4 hari menjelang hari “H”. kerudungnya hanya dibuka pada saat kenari akan dijemur di pagi hari selama 20-30 menit. kerudung hanya dibuka sebagian agar burung yang bersangkutan tidak berkicau lantang. setelah pembuangan kulit biji-bijian, pemberian pakan hijauan dan buah, dan penggantian minum yang diberi obat antistres, kerudung ditutup kembali. kemudian diletakkan di tempat yang sejuk dan diperdengarkan dengan suara master. sore hari, burung tersebut dimandikan sepuasnya kemudian kotorannya dibersihkan, pakan maupun minumnya diganti. setelah itu, kenari diletakkan di tempat terbuka hingga bulunya tampak mengering, barulah sangkar ditutup kembali. kenari dimandikan pada saat menjelang sore, biasanya tidak akan berkicau lantang jika tidak melihat kenari lain. ini hanya bisa dilakukan jika cuaca cerah. kalau tidak ada panas, sebaiknya kenari tidak dimandikan. bila perlu, pada saat persiapan, kenari hanya dimandikan satu haru menjelang hari H untuk merangsang suaranya agar lebih ngotot saat dikonteskan.

Persiapan Kontes Burung Kenari.

Persiapan kontes burung kenari berbeda dengan burung lain sesuai dengan jenis-jenis burung peliharaan yang bisa dilihat di home.

Persiapan Kontes Burung Kenari tepatnya sebelum kontes
1. ketenangan dijaga selama perjalanan : membawa kenari yang akan dikonteskan harus hati-hati dan sangkarnya harus ditutup dengan kain penutup sangkar. diupayakan sirkulasi udara dalam sangkar berlangsung dengan baik, apalagi bila jarak yang ditempuh cukup jauh. cara lain untuk membawa kenari dalam perjalanan jauh yaitu dengan menggunakan kotak yang biasanya digunakan untuk membawa perkutu. setelah sampai di tujuan, barulah burung dimasukkan ke sangkarnya kembali. sebelum dimasukkan ke dalam kotak, badan kenari sebaiknya dibasahi dengan air agar kenari lebih tenang dalam perjalanan. kenari dijauhkan dari mesin atau sumber panas lainnya. setelah sampai, penutup sangkar dibuka sebagian jika burung mulai lincah. apabila perjalanan yang ditempuh jauh dan tiba di tempat tujuan sudah sore atau malam hari, sebaiknya diberi obat pada tempat minumnya.

2. waktu istirahat cukup : menjelang dikonteskan, kenari sebaiknya diberi waktu istirahat yang cukup, paling tidak 1-2 jam, agar penampilannya tidak mengecewakan. jika perjalanan cukup jauh, sehari sebelumnya kenari sudah berada di dekat lokasi. pada waktu istirahat, kenari dapat pula diberikan pakan hijauan atau buah. namun, sebelum kenari dimasukkan ke arena kontes, pakan hijauan atau buah yang diberikan harus diambil dan dasar sangkar dibersihkan agar kenari tidak makan atau turun ke bawah mengambil sisa pakan yang nantinya bisa mengurangi nilai.

Untuk persiapan kontes burung kenari tepatnya setelah kontes yaitu menghindari stress, kurang sehat, sedang mengalami ganti bulu atau akan mengalami ganti bulu. stress sering menimpa burung yang kurang terlatih. apabila burung yang stress dipaksakan mengikuti kontes maka penampilannya pasti kurang baik atau tidak bisa memaksimalkan keunggulan yang dimiliki. kenari yang kurang sehat juga tidak dapat tampil bagus di arena kontes. kalau burung kurang sehat dipaksakan untuk tampil dalam kontes, berkicaunya pasti kurang maksimal bahkan ada yang tidak mau berkicau sama sekali.

sebaiknya tidak membawa kenari untuk dikonteskan 1-1.5 bulan menjelang kenari ganti bulu, karena daya tahan tubuhnya pada saat itu sedang merosot. waktu yang paling baik untuk membawa kenari dalam kontes adalah setelah 3 bulan lebih mengalami ganti bulu sampai dua bulan menjelang ganti bulu.

persiapan kontes burung kenari

Perawatan kenari selepas kontes
Setelah dikonteskan, kenari harus cepat-cepat dipulihkan kondisi fisiknya dengan cara memberinya obat antistress atau sejenisnya selama beberapa hari. pakan segar seperti hijauan dan buah harus terus diberikan setiap hari.

Sebaiknya tidak memandikan kenari selama 2-3 hari setelah kontes, karena bisa saja kenari akan terus berkicau, bergerak dan emosinya menumpuk pada saat dikonteskan. hal tersebut membuat suhu dalam tubuhnya tinggi, ditambah pengaruh dalam perjalanan. akibatnya, air yang digunakan untuk mandi malah tidak membuatnya sehat, tetapi bisa sebaliknya. alternatif terbaik untuk mempercepat pulihnya kenari selepas dikonteskan atau setelah mengalami perjalanan jauh adalah dengan memberikan obat, hijauan atau buah, kemudian sangkarnya digantungkan di tempat sejuk dan jauh dari gangguan lingkungan dengan membuka sebagian penutup sangkarnya.

Untuk informasi berikutnya kamu bisa melihat informasi tentang memilih indukan burung kenari.