Perawatan harian yang wajib diberikan untuk kelinci

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kelinci harus tahu cara perawatan harian yang wajib diberikan untuk kelinci. Memelihara kelinci bisa jadi sekedar hobi atau sebagai ladang rezeki. Namun setiap pemilik harus mengetahui segala hal yang berkaitan dengan kehidupan kelinci seperti kebersihan kandang, kesehatan, perhatian, dan juga cara mengenali sifat-sifat alamiah kelinci.

Perawatan harian yang wajib diberikan untuk kelinci

Beberapa perawatan harian yang wajib diberikan untuk kelinci

Kandang yang tepat.

Kandang kelinci harus selalu bersih dan harus dekat dengan tempat minumnya. Usahakan kandang kelinci berada di tempat sejuk dengan suhu 20 derajat celcius. Jauhkan juga kandang dari binatang lain yang mungkin mengganggunya seperti kucing, tikus, anjing atau binatang lainnya. Kandang juga harus menghadap timur agar mendapat pasokan matahari pagi yang cukup. Cahaya matahari pagi juga bisa membuat kandang kelinci tetap kering dan bebas kuman. Perhatikan juga kandang kelinci harus memiliki pertukaran udara yang memadai dan ditempatkan di tempat yang agak tinggi agar tidak tergenang air saat hujan.

Selalu perhatikan keamanan

Jangan biarkan binatang lain untuk mengganggu kelinci apalagi di waktu malam. Karena kelinci cenderung lebih aktif di malam hari. Jadi berikan lebih banyak porsi makan pada kelinci ketika anda akan tidur malam. Pada malam hari kita bisa berikan gandum, jagung, kacang tanah, atau biji-bijian lainnya. Pada sore dan pagi hari kita berikan sayuran dan rumput-rumput segar. Jangan lupa untuk memperhatikan perilaku kelinci, jika kelinci terlihat lemas maka segera bawa ke dokter hewan dan minta suplemen vitamin yang tepat untuk kelinci.

Selalu berikan perhatian yang cukup

Terutama untuk kelinci hias, anda tidak cukup hanya memberikan gendongan atau memeloknya setiap pagi dan sore saja anda harus mengangkatnya dengan tangan kanan di atas tengkuk kelinci dan tangan kiri anda menopang badannya di bawah lalu bawa kelinci ini jalan meskipun hanya di dalam rumah. Jangan lupa untuk memandikan kelinci setiap seminggu sekali dengan air hangat.

Kenali Sifat alamiah Kelinci

Jika kelinci dibiarkan terlalu sering bermain di tempat terbuka maka instingnya akan muncul. Hal ini bisa membuat kelinci lebih sering menggali lubang. Jika kelinci sudah menggali lubang cukup dalam, mungkin saja ia terperangkap di lubang tersebut. Dan banyak juga terdapat kuman ataupun bibit penyakit yang berbahaya untuk kelinci anda. Anda juga bisa meletakkan sedikit jerami di kandangnya untuk mengurangi nalurinya untuk menggali.

beberapa Perawatan harian yang wajib diberikan untuk kelinci

Demikian informasi mengenai perawatan harian yang wajib diberikan untuk kelinci. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai yang diperlukan untuk beternak kelinci.