Perawatan harian yang diperlukan untuk hamster

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik hamster harus tahu perawatan harian yang diperlukan untuk hamster. Karena hamster tidak seperti kelinci dalam hal perawatannya, maka perlu membaca keterangan di bawah ini.

Perawatan harian yang diperlukan untuk hamster

Beberapa perawatan harian yang diperlukan untuk hamster.

  1. Beri makan tepat waktu. 2 kali sehari pada saat pagi dan sore hari. Masing masing sebanyak 5 gram makanan pada pagi dan sore hari. Ketika hamil dan menyusui kebutuhannya bisa mencapai 2 kali lipat. Minuman yang bisa diberikan pada hamster adalah air putih atau susu segar.
  2. Selalu bersihkan kandangnya setiap hari. Biasanya hamster tidak mau makan apabila kandangnya bau pesing karena air urinnya sendiri. Oleh karena itu pilih kandang yang konstruksinya memudahkan anda untuk membersihkannya.
  3. Pilih kandang yang sesuai dengan ukuran hamster. Sediakan pula beberapa mainan di dalamnya. Hal ini agar hamster tidak mengalami kelumpuhan karena kurang gerak. Anda bisa memasukkan roda hamster. Semacam pipa panjang, kotak kecil yang berukuran 2 kali tubuhnya, mainan gigit agar giginya tetap kuat dan sehat.
  4. Cuci keseluruhan kandang beserta mainannya sekali setiap minggun. Anda bisa mencampurkan sedikit cairan desinfektan di air untuk membersihkannya atau dengan menyemprotkan desinfektan ke seluruh bagian kandang setelah dicuci.
  5. Jangan mandikan hamster dengan air karena akan membuat paru parunya bengkak dan penuh cairan. Anda cukup membersihkan hamster anda dengan tisu basah atau kain lembut. Asal jangan tubuh hamster basah. Yang perlu diketahui adalah bahwa hamster adalah binatang yang suka membersihkan diri. Jadi anda cukup membasuh badan hamster dengan tisu basah sekali dalam 2 hari.
  6. Jangan pernah menggendong hamster ketika anda berdiri. Karena akan membuat hamster ketakutan. Jika ingin menggendong hamster, lakukan ketika anda berbaring atau duduk. Ajak hamster bermain ketika kamu dalam keadaan duduk atau berbaring.
  7. Sebelum memegang hamster, tidak ada salahnya mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih.
  8. Hamster adalah binatang yang aktif di malam hari. Oleh karena itu jangan meletakkan kandang hamster yang terpapar sinar matahari langsung atau terkena sorot lampu yang berlebihan. Letakkan kandang hamster di daerah yang sejuk dan tidak terkena paparan cahaya matahari langsung.
  9. Letakkan kandang hamster di tempat yang sepi dan sedikit tersembunyi. Karena hamster mudah stress jika terlalu banyak kegiatan manusia atau bunyi yang sering terdengarnya.
  10. Jangan lupa main dengan hamster setiap pagi dan sore masing masing cukup 15 menit saja. Buat hamster selalu nyaman dan aman bermain bersama anda sehingga bisa mengurangi kemungkinan hamster sakit.

beberapa Perawatan harian yang diperlukan untuk hamster

Demikian informasi mengenai perawatan harian yang diperlukan untuk hamster. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara yang benar merawat bayi hamster.