Perawatan Harian Anis Merah

Post On: October 23, 2015
By: Dhio
In: anis

Perawatan harian anis merah tidak terlalu berbeda dengan perawatan burung peliharaan lainnya. Memang banyak yang harus diketahui oleh para penghobi tentang burung anis merah. Terutama soal pakan perawatan hariannya. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian para penghobi. Dalam perawatan harian anis merah memang dibutuhkan kesabaran dan keuletan, karena burung ini sangat sensitif. Sekali saja salah dalam perawatan harian burung anis merah maka akan fatal akibatnya. Bisa bisa mencret gak mau bunyi. Dalam perawatan harian burung anis merah dibutuhkan rutinitas dalam hal mandi jemur dan pemberian Extra food.

perawatan harian anis merah komplit

perawatan harian anis merah komplit

Perawatan harian anis merah yang bisa kamu lakukan.

  1. Mandi dan jemur. Perawatan harian anis merah yang tidak boleh dilewatkan yaitu mandi. Karena habitat asli burung anis merah dari tempat yang dingin, jadi kebutuhan mandi merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Sebab mandi itu bisa menjaga agar bulu selalu cantik. Sebagian besar anis merah mania mengatakan, bahwa mandi bisa mengurangi birahi dan bikin kerja anis merah lebih stabil. Mengenahi porsi mandi bisa satu atau dua kali sehari, pagi dan sore. Tapi kebanyakan pemelihara anis merah memandikannya pada saat sore hari dengan alasan masing-masing. Lalu soal penjemuran bisa dilakukan secara rutin maksimal dua jam atau bisa disesuaikan dengan kebiasaan. Penjemuran sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup termasuk jenis unggas. Karena dengan dijemur jam 07.00 – 10.00 setiap pagi sangat bermanfaat bagi burung untuk memperlancar metabolisme, kalau metabolisme bagus dimungkinkan burung menjadi lebih sehat.
  1. Perawatan harian anis merah yang kedua yaitu Extra fooding.

– Jangkrik. Banyak para pemelihara beranggapan bahwa jangkrik dapat meningkatkan power, sehingga jangkrik mutlak diberikan. Mengenai porsi bisa diberikan dua atau tiga ekor setiap kali beri ( cukup diberi 2 kali yaitu pada saat pagi dan sore).

– Cacing. Di habitat aslinya, anis merah suka makan cacing, sehingga pemberian extra food berupa cacing banyak dilakukan oleh para kicaumania. Menurut sebagian besar penghobi anis merah, cacing bisa bikin anis merah betah teler. Mengenai porsi bisa berbeda, tergantung kebiasaan. Ada yang memberikan extra food cacing hanya saat saat tertentu seperti sebelum lomba. Dan ada juga yang menjadikan cacing sebagai makanan utama harian. Cukup diberi 3 ekor sekali makan ( sehari 2 kali diberi makan cacing).

– Kroto. Kroto diberikan agar burung menjadi lebih sehat sehingga rajin bunyi, karena kroto mengandung protein tinggi yang relatif mudah dicerna, sehingga sebagian besar pemelihara burung anis merah merekomendasikan pemberian kroto walaupun dengan porsi yang berbeda-beda. Secara umum, kroto diberikan hanya satu sendok bisa pagi atau sore. Bisa tiap hari atau dua hari sekali. Ada juga yang memberikan kroto hanya dilakukan menjelang turun lomba saja.

– Ulat hongkong. Ulat hongkong banyak digunakan oleh merah mania sebagai pendongkrak stamina agar anis merah lebih fight dalam bertarung di atas gantangan. Kebanyakan pemelihara anis merah menggunakan ulat hongkong hanya saat menjelang turun lomba atau sesaat sebelum naik gantangan, tetapi ada juga yang menjadikan ulat hongkong sebagai menu harian, semua tergantung dari kebiasaan.

– Voer. Sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu 15%, belum tentu voer yang mahal akan cocok dengan sistem metabolisme burung anis merah. Voer harus selalu tersedia di dalam tempat makannya. Selalu ganti voer setiap hari untuk menjaga kebersihan makanannya.

Tak hanya soal pakan saja yang perlu diperhatikan dalam perawatan harian anis merah. Berikut ini adalah kegiatan harian yang harus kamu lakukan.

  1. Jam 07.00 pagi, burung diangin anginkan dulu. Kemudian jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tertantung kebiasaan masing masing).
  2. Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan voer, air minum dan buah segar.
  3. Berikan jangkrik 3 ekor yang sudah dipatahkan kakinya agar tidak loncat. Letakkan jangkrik tersebut di tempat pakan. (jangan beri jangkrik secara langsung pada burung).
  4. Penjemuran setelah mandi mulai jam 8-11 pagi. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis. Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
  5. Siang hari sampai sore, burung bisa dimaster dengan suara burung master.
  6. Jam 15.30 burung diangin-anginkan dan kalau perlu dimandikan lagi.
  7. Berikan 2 ekor jangkrik lagi yang sudah dipotong kakinya.
  8. Jam 17.30 burung kembali dikerodong dan diperdengarkan suara master sampai subuh.

Makanan yang dianjurkan untuk perawatan harian anis merah :

  1. Kroto segar diberikan 1 sendok teh, maksimal 3 kali diberikan dalam seminggu.
  2. Pemberian cacing bisa diberikan 2 kali dalam seminggu.
  3. Buah segar diberikan rutin setiap hari, dengan cara setiap hari seni, selasa, rabu diberikan pepaya, Hari kamis diberi apel, hari jumat diberi buah pear dan hari sabtu dan minggu diberi pisang.
  4. Berikan multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali.

Perawatan harian anis merah yang sedang over birahi :

  1. Pangkas porsi jangkrik (kurangi setengah porsi makanan jangkrik) hariannya.
  2. Letakkan di luar atau di teras rumah pada jam 05.00 sampai jam 06.00 (proses pengembunan).
  3. Berikan cacing 1 ekor selama 2 kali dalam seminggu, jangan lebih.
  4. Frekuensi mandi ditambah airnya dan diperlama saat mandinya.
  5. Lamanya penjemuran dikurangi 1 jam, Yang biasanya 3 jam dijemur, kini cukup 2 jam saja.
  6. Burung diisolasi, jangan sampai melihat dan mendengar suara burung anis merah lain.

Perawatan harian anis merah saat sakit.

  1. Tingkatkan porsi pemberian jangkrik menjadi 3 jangkrik pada saat pagi dan 3 jangkrik pada sore hari.
  2. Tingkatkan porsi pemberian kroto menjadi 4 kali sehari.
  3. Pemberian cacing menjadi 2 ekor sekali beri selama 3 hari.
  4. Mandi dibuat 1 kali saja sehari.
  5. Burung diisolasi dengan buah-buahan yang diberi 2 macam.
  6. Penjemuran ditambah menjadi 4 jam sehari mulai dari jam 8 sampai 12 pagi.

Untuk informasi mengenai jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di sangkar anis merah ideal.