Perawatan Anis Merah untuk Lomba

Post On: October 26, 2015
By: Dhio
In: anis

Perawatan anis merah untuk lomba bisa dimulai dengan pakan yang bisa meningkatkan prestasinya seperti cacing. Beberapa cara yang sering dipakai oleh pemelihara burung anis merah untuk meningkatkan prestasi anis merah jagoannya di lapangan salah satunya dengan pemberian ekstra fooding yang tepat.

Cacing yang terbaik adalah cacing yang didapat dari tanah gunung karena masih bersih. Ukuran cacing gunung ayang diameter sama hampir sama dengan jari manis orang dewasa dan memiliki panjang kira-kira 15-20 cm. Cara pemberiannya, cacing dipotong potong, lalu disemprot dengan air. Tapi usahakan tanah yang ada dalam tubuh cacing jangan sampai kebuang, justru kandungan gizinya cukup tinggi dan paling vital dalam meningkatkan kualitas anis merah itu sendiri. Setelah dipotong, lalu disimpan di tempat makanan burung (kalau bisa taruh di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya). Berikan potongan potongan cacing itu dengan jangkrik.

perawatan anis merah untuk lomba

anis merah dalam sangkar

Perawatan anis merah untuk lomba sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan perawatan hariannya. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung anis merah agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba burung anis merah yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.

Pola perawatan anis merah untuk lomba

  1. H-3 sebelum lomba, jangkrik bisa dinakkan menjadi 3 ekor pagi dan 3 ekor siang.
  2. H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja.
  3. 1 Jam sebelum di gantung saat lomba, burung dimandikan dan berikan 2 ekor jangkrik.
  4. Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan 2 ekor jangkrik lagi.

Penting untuk jangan memberi ulat hongkong dalam menggenjot birahi pada burung anis merah. Karena dapat membuat birahi burung anis merah menjadi sangat meningkat dan menjadi tidak stabil. Dan sebaiknya, joki lapangan adalah orang yang tidak pernah terlibat dalam perawatan harian pada burung anis merah tersebut.

Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung. polanya adalah sebagai berikut :

  1. Pola ektra fooding dikembalikan lagi seperti setelan pakan harian sebelumnya.
  2. Berikan multivitamin pada air minum pada H+1 setelah lomba.
  3. Sampai H+S3 setelah lomba, penjemuran maksimal 1 jam saja.

Demikian informasi mengenai perawatan anis merah untuk lomba. Untuk informasi mengenai jenis jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di perawatan anis merah saat mabung.