Perawatan Anis Merah Saat Mabung

Post On: October 26, 2015
By: Dhio
In: anis

Perawatan anis merah saat mabung juga penting untuk diketahui, karena pada saat mabung biasanya burung dalam keadaan stress. Mabung (moulting) atau rontok bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. Perawatan anis merah saat mabung adalah menjadi saat penting, karena perawatan yang salah bisa membuat bulu burung anis merah menjadi rusak. Pada masa mabung, metabolisme tubuh burung anis merah hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu, burung anis merah butuh asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal. Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.

perawatan anis merah saat mabung

anis merah dalam sangkar

Pola perawatan anis merah saat mabung.

  1. Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  2. Mandi cukup 2 kali seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit per hari.
  3. Pemberian porsi ekstra fooding diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru. Misalnya : stelan jangkrik dibuat 4 ekor pagi dan 4 ekor sore, kroto 1 sendok makan setiap pagi dan cacing 3 ekor diberikan 2 kali seminggu.
  4. Berikan multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum yang telah dimasak minimal 2 kali dalam seminggu.
  5. Perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya sangat mudah dicerna sehingga melancarkan proses metabolisme tubuh burung. Disamping itu buah pepaya banyak mengandung vitamin C yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung anis merah.
  6. Lebih perbanyak asupan buah apel, pisang dan pear dibanding dengan makanan voer atau serangga dan cacing. Karena buah bisa memberikan kesegaran dan mempercepat proses rontok bulu burung anis merah peliharaan kamu.
  7. Perawatan anis merah saat mabung yang terakhir yaitu Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak dalam kondisi diam (karena stress) dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi dan mengajarkan variasi suara masteran yang kamu inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat dan sesuai dengan karakter suara burung anis merah kamu. Pandai dalam melihat tipe, karakter dan variasi suara masteran bisa mempercepat burung anis merah kamu untuk meniru suara masteran yang didengarnya.

Demikianlah informasi mengenal perawatan anis merah saat mabung, untuk informasi mengenai jenis – jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di memilih suara master anis merah.