Penyebab utama kucing dan anjing muntah cacing

Post On: November 10, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kucing dan anjing perlu tahu penyebab utama kucing dan anjing muntah cacing. Ini biasanya disebabkan oleh cacing gelang yang menginfeksi pencernaan hewan peliharaan anda. Cacing gelang ini berwarna putih dan panjang maksimal 12 cm.

Penyebab utama kucing dan anjing muntah cacing

Beberapa penyebab utama kucing dan anjing muntah cacing.

Binatang peliharaan anda belum pernah diberi obat cacing. Obat cacing sebaiknya diberikan sejak dini pada usia 5 minggu dan diulangi kembali setiap bulannya hingga usia 1 tahun. Setelah itu dilakuan setiap 4 bulan sekali untuk pencegahan.

Induk hamil dan menyusui tidak pernah diberikan obat cacing. Karena induk yang cacingan juga bisa menularkan cacing pada janin yang dikandungnya. Larva atau telur cacing gelang dapat terbawa di air susu sehingga menginfeksi anak kucing atau anjing yang menyusui induknya.

Cacing gelang bisa berkembang ditubuh anjing dan kucing hingga 5 minggu, dimulai dari telur hingga cacing dewasa. Larva cacing ini masuk ke usus halus dan berkembang menjadi cacing dewasa. Jika tidak segeran diberi obat cacing, maka cacing ini akan berkembang biak yang bisa membuat populasi cacing dalam tubuh kucing atau anjing semakin banyak. Jika kandungan cacing semakin banyak, maka bisa menyebabkan reflek muntah pada anjing dan kucing. Selain muncul di muntah, cacing dewasa pun mungkin muncul pada feses ataupun kotoran.

Ciri ciri kucing atau anjing yang sudah terinfeksi cacing gelang yaitu

Terdapat cacing dewasa pada muntah dan feses, diare yang berkepanjangan, berat badan tidak bertambah, perut buncit namun badan kurus, hewan nampak lesu, dan bulu terlihat kusam.

Yang diperlukan untuk mencegahnya yaitu jangan membiarkan kucing makan tikus ataupu anjing makan makanan yang tidak bersih dan tidak dimasak secara matang. Anda bisa juga memberikan obat caccing khusus anjing dan kucing yaitu Drontal, maupun Petderm. JANGAN BERIKAN COMBANTRIN. Karena tidak cocok untuk hewan peliharaan.

beberapa Penyebab utama kucing dan anjing muntah cacing

Demikian informasi mengenai Penyebab utama kucing dan anjing muntah cacing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai waktu terbaik memasukkan binatang peliharaan ke kandang.