Penyebab penyakit kulit pada anjing

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik harus mengetahui penyebab penyakit kulit pada anjing. Namun cara yang paling aman adalah dengan segera konsultasi ke dokter hewan agar memeriksa secara menyeluruh kesehatan anjing anda.

Penyebab penyakit Kulit pada Anjing

Beberapa penyebab penyakit kulit pada anjing

Kualitas makanan yang buruk. Penyebab utama dari penyakit kulit adalah makanan yang berkualitas rendah. Tidak sedikit pemilik anjing memberikan makan pada anjing sesuai dengan yang dimakan pemiliknya. Padahal ini jelas salah, kebutuhan nutrisi anjing dan manusia tentu berbeda. Belilah makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian anjing anda. Pengaruh makanan kering dan makanan basah pada anjing. Ketika anjing terkena penyakit kulit, berikan makanan basah karena jika tetap memberikan makanan kering akan membuat kelembaban tubuh anjing menjadi rendah dan memperparah penyakit kulitnya.

Parasit. Biasanya parasit menyerang anjing yang sudah berumur tua, yang kurang nutrisi atau anjing yang tinggal di daerah yang tidak sehat. Parasit yang sering menyerang anjing yaitu

Dog lice atau kutu. Gejala anjing yang memiliki kutu yaitu anjing menggigit atau menggaruk satu area tubuhnya secara terus menerus.

Kudis yang disebabkan tungau kecil. Gejalanya yaitu ada serbuk kecil seperti ketombe di kepala, leher dan punggung. Ada penipisan rambut di sekitar mata dan mulut. Anjing menggigit daerah tersebut secara kasar sehingga kulit iritasi dan mengalami luka yang menjadi kerak.

Jamur. Gejalanya yaitu ada area berwarna merah lalu menjadi bentuk cincin kecil yang kemudian menyebar, area yang diserang adalah area yang jarang ditumbuhi bulu, ada penebalan kulit, adanya koreng di kulit.

Faktor dari anjing tersebut seperti stress dan tertekan. Sama seperti manusia, jika anjing stress maka akan menimbulkan jerawat dan ruam pada kulitnya. Gejalanya yaitu anjing mudah terganggu bahkan oleh suara kecil sekalipun, ada semacam jerawat di tubuhnya.

Alergi. Alergi pada anjing bisa timbul karena makanan, serangga atau lingkungan tempat tinggal yang kotor.

Adanya bakteri Pyoderma. Gejalanya yaitu seperti ruam dan jerawat di tubuh anjing.

Cara mengatasi kerontokan bulu pada anjing

Demikian informasi mengenai penyebab penyakit kulit pada anjing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai beberapa penyebab bulu anjing rontok.