Penyebab kucing dan anjing mengalami dehidrasi dan cara mengatasinya

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kucing dan anjing perlu tahu penyebab kucing dan anjing mengalami dehidrasi dan cara mengatasinya. Dehidrasi adalah kekurangan cairan pada tubuh yang bisa disebabkan karena tidak minum, muntah dan diare, cuaca panas yang sangat dan kecelakaan yang menyebabkan banyak cairan tubuh yang keluar.

beberapa Penyebab kucing dan anjing mengalami dehidrasi dan cara mengatasinya

Ciri ciri kucing dan anjing yang mengalami dehidrasi yaitu lemas, matanya masuk ke dalam, selaput putih pada mata menutup sepertiga bagian matanya, pucat, kencingnya berwarna agak gelap, mulut dan hidung kering, dan tidak bisa menggerakkan anggota tubuh.

Jika kekurangan cairan maka bisa menimbulkan gangguan saluran kencing tidak bisa keluar yang bisa meracuni tubuh. Setiap hari, baik kucing dan anjing memerlukan air setidaknya 50 – 60 ml/kg berat badan.

Beberapa penyebab kucing dan anjing mengalami dehidrasi dan cara mengatasinya

Selau berikan makanan basah. Misalnya 2 kali makanan basah dan 1 kali makanan kering.

Berikan air minum kaldu ayam atau kaldu daging. Cara membuatnya yaitu rebus daging dengan air bersih hingga mendidih lalu dinginkan (jangan masukkan garam ataupun bumbu lainnya). Cukup air dan daging saja, tanpa bahan lain. Biasanya kucing dan anjing sangat suka minuman ini.

Gunakan mangkuk stainless karena bisa membuat air menjadi lebih dingin.

Jangan sungkan untuk memberikan air dingin. Karena pada cuaca panas, air dingin bisa sangat menyegarkan bagi kucing dan anjing.

Atau pakai water fountain atau air mancur. Air yang terus mengalir akan membuat kucing atau anjing bersemangat untuk terus minum.

Penyebab kucing dan anjing mengalami dehidrasi dan cara mengatasinya

Demikian informasi mengenai penyebab kucing dan anjing mengalami dehidrasi dan cara mentasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab dan gejala kucing yang mengalami megacolon.