Penyebab kotoran anjing dan kucing mengandung darah

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik anjing dan kucing harus tahu penyebab kotoran anjing dan kucing mengandung darah. Hal ini dikarenakan agar pemilik bisa menghilangkan penyebabnya sehingga hewan peliharaan sehat selalu.

beberapa Penyebab kotoran anjing dan kucing mengandung darah

Beberapa penyebab kotoran anjing dan kucing mengandung darah

Adanya infeksi parasit dalam sel seperti coccidia, giardia dan cacing yang menyerang sistem pencernaan sehingga menimbulkan peradangan dan melukai usus yang menyebabkan pendarahan.

Alergi makanan. Terutama ketika diberikan makanan baru yang berbeda sepenuhnya dengan makanan yang biasa diberikan pada hewan peliharaan.

Penyakit saluran cerna seperti Inflammatory Bowel Syndrome yang bisa menyebabkan diare berkepanjangan, muntah serta kotoran berdarah.

Adanya  tumor atau kanker. Ketika tumor pecah di saluran pencernaan tentu akan menyebabkan pendarahan di saluran cerna.

Sengatan panas. Ketika kucing atau anjing berada pada tempat yang sangat panas maka kucing dan kucing akan kesulitan melakukan pengaturan suhu tubuhnya. Anjing mengatur suhu tubuhnya dengan cara mengambil nafas dengan terengah engah sedangkan pada kucing dengan menjilati tubuhnya secara berlebihan.

Jika benar terdapat bercak darah pada kotoran kucing dan anjing, anda harus perhatikan hal dibawah ini:

Nafsu makannya. Biasanya nafsu makannya berkurang karena adanya luka ataupun infeksi di usus.

Aktivitasnya sehari hari. Biasanya anjing dan kucing akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan malas beraktivitas.

Ada ekspresi mengejan saat buang air.

Bentuk dan warna kotoran. Apakah lembek dan berair, berdarah dan warna kotorannya. Jika kotorannya berwaran merah cerah berarti darah berasal dari sekitar anus. Jika kotoran berwaran kehitaman berarti darah berasal dari lambung atau usus.

Apakah ada cacing atau benda lainnya di kotorannya.

Kotoran berdarah pada anjing dan kucing harus segera mendapatkan penanganan dokter hewan. Apalagi diperparah dengan adanya gejala demam, tidak nafsu makan, dan muntah akan menyebabkan kekurangan darah dan cairan.

Penyebab kotoran anjing dan kucing mengandung darah

Demikian informasi mengenai penyebab kotoran anjing dan kucing mengandung darah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara menghindari dan mengatasi sembelit pada anjing dan kucing.