Penyebab kenapa kucing susah makan

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Semua pemilik kucing harus tahu penyebab kenapa kucing susah makan. Bisa saja karena penyakit, berubahnya pola makan atau alergi yang diderita kucing. Biasanya gejalanya yaitu demam, lesu, dehidrasi, muntah, dan gejala lain yang terlihat.

Penyebab kenapa kucing susah makan

Beberapa penyebab kenapa kucing susah makan.

Sakit karena infeksi. Infeksi bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Tanda kucing mengalami infeksi yaitu demam, lemah, muntah, diare dan penurunan nafsu makan.

Gangguan kesehatan mulut dan gigi. Kucingpun bisa mengalami sariawan. Sehingga menyebabkan sakit saat mengunyah dan menelan makanan. Infeksi pada gusi atau gigi sering disebut dengan periodontitis. Ditandai dengan bau mulut dan air liur yang banyak.

Bosan dengan makanan yang itu itu saja. Jangan memberikan makanan yang itu itu saja selama bertahun tahun. Variasikan dengan makanan yang berbeda agar kucing kembali memiliki nafsu makan yang baik.

Kucing pindah rumah atau pindah kandang. Tidak hanya terjadi pada manusia, tetapi pada kucing juga ketika pindah akan mengalami stress yang bisa menurunkan nafsu makan. Karena kucing memerlukan waktu untuk beradaptasi dan sensitif terhadap perubahan.

Usia tua. Mungkin saja disebabkan karena mulai sakit saat mengambil makanan ataupun nafsu makan yang semakin turun karena faktor usia.

Gangguan pada saluran cerna seperti infeksi pada usus, lambung, serta hati. Infeksi ini bisa membuat kucing malas menyentuh makan karena adanya rasa sakit di perut.

Memasuki awal kehamilan dan ketika akan melahirkan.

Untuk menanganinya yaitu dengan:

Jangan merubah tempat makan dan waktu makan. Kucing biasanya terbiasa dengan pola yang berulang sehingga perubahan sedikit saja bisa menurunkan nafsu makannya. Jika anda ingin melakukan perubahan pada waktu makannya lakukan perlahan lahan agar memudahkan kucing untuk beradaptasi.

Selalu memberikan makanan yang hangat. Penciuman kucing juga memegang peranan penting terhadap nafsu makannya. Jika makanan yang diberikan dalam keadaan hangat tentu bisa meningkatkan nafsu makannya.

Berikan makanan yang bervariasi. Variasi makanan ini bisa meningkatkan nafsu makan kucing.

Tambahkan makanan yang mengandung protein atau lemak.

Dan yang terakhir dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan.

beberapa Penyebab kenapa kucing susah makan

Demikian informasi mengenai Penyebab kenapa kucing susah makan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara memeriksa kesehatan hewan peliharaan sendiri di rumah.