Penyebab kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga

Post On: May 20, 2016
By: Dhio

Penyebab kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga memang bermacam macam. Banyak terjadinya kekerasan pada anak oleh orang tua, sehingga di butuhkan upaya utk menanggulangi terjadinya kekerasan kepada anak.

Beberapa penyebab kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga

penyebab kekerasan terhadap anak

Keadaan keluarga seperti kemiskinan, pengangguran, isolasi, rumah tak memadai, anak yang tidak diinginkan, stress dari orangtua, rendah diri, depresi, orangtua saat kecil mendapat perlakukan salah, angan angan kepada anak yang tidak realistis dan adanya gangguan jiwa pada orangtua.

Bentuk kekerasan pada anak bisa berupa penganiayaan dan juga teror mental.

Penyebab yang seperti rantai tak terputus adalah orangtua sang anak juga mengalami hal serupa dari orangtuanya jadi akan terus berlanjut hingga ke anaknya. Tabiat atau kebiasaan menjalankan kekerasan dan pengabaian pada anak inilah yang harus dihentikan agar tidak terus berlanjut ke generasi berikutnya.

Selain itu penyebab utamanya yaitu orangtua yang mengasuh anak sendirian atau single parent. Keadaan stress dan banyaknya tekanan bisa membuat single parent untuk lebih mudah menyakiti anak.

Oleh sebab itu sebelum memilih calon pasangan rumah tangga, anda perlu tahu tabiat pasangan dan keluarga pasangan anda. Pelajari banyak hal sebelum memutuskan untuk menikah dan mempunyai anak.

 

Demikian informasi mengenai penyebab kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai teori tahap perkembangan anak menurut para ahli.