Penyebab hewan peliharaan mengalami diare dan cara mengatasinya

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik hewan peliharaan terutama kucing dan anjing harus tahu penyebab hewan peliharaan mengalami diare dan cara mengatasinya. Diare adalah gangguan saluran pencernaan yang ditandai dengan bentuk kotoran atau feses yang encer atau mencret. Diare umumnya terjadi karena gangguan penyerapan air di usus yang disebabkan karena infeksi bakteri, virus, cacing, parasit dalam sel, keracunan, stress dan alergi makanan.

Jika dibiarkan maka kucing atau anjing peliharaan anda bisa mengalami dehidrasi yang bisa dilihat dari badannya yang lemas, kelopak mata dan gusi menjadi pucat, elasitisitas kulit berkurang, mata menjadi cekung dan hidung menjadi kering.

Penyebab hewan peliharaan mengalami diare dan cara mengatasinya

Beberapa penyebab hewan peliharaan mengalami diare dan cara mengatasinya.

Penyebab utama biasanya berasal dari luar tubuh hewan peliharaan seperti dijelaskan diatas. Jika diare terjadi terus menerus maka bisa membuat hewan menjadi dehidrasi dan paling parah bisa menyebabkan anemia. Jika diare disertai muntah dan demam selama 2 hari maka segera bawa ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Penanganan pertama yang bisa diberikan yaitu memperbaiki nafsu makan dan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung air. Berikan makanan yang lembut sehingga mudah dicerna. Berikan air minum yang dicampur dengan kaldu ayam.

Pengobatan yang biasanya diberikan dokter hewan ketika mendapatkan hewan peliharaan yang diare yaitu dengan memberi infus, antibiotik, probiotik, obat cacing dan obat antidiare universal yang berfungsi untuk mengurangi pergerakan usus dan menyerap toksin dari bakteri seperti kaolin pectat, loperamide,

Demikian informasi mengenai penyebab hewan peliharaan mengalami diare dan cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai dampak buruk pemberian nasi terlalu banyak pada kucing.