Penyebab dan gejala kucing yang mengalami megacolon

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kucing harus tahu penyebab dan gejala kucing yang mengalami megacolon serta cara mengatasinya. Megacolon adalah penyakit yang akan dialami kucing atau anjing jika terlalu lama mengalami sembelit. Penyebab megacolon adalah kotoran yang mengeras dan sulit untuk dikeluarkan.

Penyebab dan gejala kucing yang mengalami megacolon

Gejala kucing atau anjing yang mengalami megacolon adalah tidak buang air besar lebih dari sehari, nafsu makan menurun, proses mengeluarkan pup lebih lama dari biasanya dan sakit, gelisah, ada sedikit darah di anus dan lemah.

Beberapa penyebab dan gejala kucing yang mengalami megacolon serta cara mengatasinya

Bawa ke dokter hewan terlebih dahulu untuk mendapat penjelasan dan pertolongan pertama yang benar.

Jika terlihat dehidrasi, maka dokter hewan bisa memberikan cairan infus.

Dokter hewan bisa memberikan obat pencahar, nutrisi yang memiliki banyak serat dan juga melakukan operasi untuk mengeluarkan kotorannya.

Jika anda ingin merawat sendiri setelah operasi karena biaya inap di rumah sakit hewan mahal maka anda bisa merawat kucing atau anjing peliharaan anda di rumah:

Setelah pembiusan. Ketika sadar mungkin kucing atau anjing akan muntah, buang air kecil dan sulit bergerak. Biarkan beberapa jam tapi jangan lebih dari 6 jam. Jika lebih dari 6 jam, segera bawa ke dokter hewan.

Pasang E collar pada leher kucing dan anjing agar ia tidak bisa menjilati dan menggigit bekas luka. Makanan dan minuman yang ia sukai harus tersedia jadi ia tidak harus berjalan jalan mencarinya.

Sampai 2 minggu setelah operasi anda bisa memberikan makanan lembut yang banyak nutrisi untuk mempercepat proses buang air besarnya.

Mungkin anjing atau kucing akan diare selama beberapa hari setelah operasi sebagai bentuk adaptasi tubuh. Namun perlu dicek tidak ada darah ataupun lendir di kotorannya. Bila ada, bawa segera ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Oleskan salepĀ  pada bekas luka agar cepat kering.

Demikian informasi mengenai penyebab dan gejala kucing yang mengalami megacolon. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai jenis parasit yang menyebabkan diare pada kucing dan anjing.