Penyebab anjing mudah terkena penyakit kulit

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik anjing harus tahu penyebab anjing mudah terkena penyakit kulit.

Penyebab anjing mudah terkena penyakit kulit

Beberapa penyebab anjing mudah terkena penyakit kulit.

Infeksi ektoparasit seperti tungau, pinjal, caplak dan kutu. Parasit ini memakan darah dengan menggigit, menusuk, maupun membuat rongga pada kulit yang bisa menyebabkan peradangan.

Alergi terhadap makanan. Gejalanya yaitu diare. Bisa saja anjing mengalami alergi pada nasi, gandung ataupun susu.

Infeksi jamur seperti kapang dermatofita. Gejalanya yaitu ada luka berbentuk cincin yang sangat gatal. Jamur ini juga bisa menular ke manusia.

Gangguan hormonal seperti rambut rontok yang menyebabkan kebotakan. Biasanya diikuti dengan warna hitam pada kulit.

Kulit berlipat seperti pada jenis anjing Bulldog, Chinese sharpei, pug, bloodhound. Kulit yang berlipat ini akan lembab dan basah sehingga cocok untuk perkembangbiakan jamur dan bakteri. Sehingga perlu membersihkan bagian kulit yang terlipat tersebut setiap harinya agar selalu bersih dari jamur dan bakteri.

Ras anjing tertentu yang lebih sensitif seperti Chinese sharpei, Labrador retriever ,shih tzu, golden retriever, wirehaired fox terrier, Dalmatian, dan Boxer.

Stress. Stress bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terserang tidak hanya penyakit kulit tapi beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Demikian informasi mengenai Penyebab anjing mudah terkena penyakit kulit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai faktor penyebab radang telinga pada kucing dan anjing peliharaan.