Penyebab anjing kegemukan dan cara mencegahnya

Post On: November 7, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik anjing wajib tahu penyebab anjing kegemukan dan cara mencegahnya. Sama seperti manusia, anjing yang kegemukan sudah pasti berakibat buruk bagi kesehatannya. Penyakit yang paling sering menimpa anjing yang kegemukan adalah penyakit jantung. Hal ini disebabkan pembuluh darah yang terjepit yang membawa oksigen dan darah ke jantung.

Penyebab anjing kegemukan dan cara mencegahnya

Beberapa penyebab anjing kegemukan dan cara mencegahnya

  1. Anjing jarang diajak berolah raga. Solusinya yaitu membawa anjing jalan jalan setiap pagi selama 30 menit saja.
  2. Anjing terlalu sering makan makanan mengandung karbohidrat dan protein yang berlebihan. Solusinya yaitu berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan anjing.
  3. Terlalu banyak memberi snack atau biskuit anjing. Solusinya yaitu batasi pemberian snack atau biskuit anjing. Hanya berikan biskuit anjing jika anjing melakukan sesuatu yang membuat anda senang.
  4. Kebiasaan pemilik yang membagi makanannya ke anjing saat sedang makan. Solusinya yaitu hentikan pemberian makanan manusia ke anjing. Karena tidak semua makanan manusia aman dan cocok untuk kebutuhan nutrisi anjing.
  5. Anjing sering berada di dalam rumah sehingga tidak ada ruang gerak yang cukup. Solusinya yaitu sering bawa jalan jalan ke luar dan jangan lup untuk bawa ke dokter hewan setiap 4 bulan.

 

Jika anjing anda sudah terlanjur gemuk, maka perlu dilakukan:

Pengurangan porsi dan frekuensi pemberian makan.

Perbanyak jalan pagi bersama anjing dengan teratur. Setiap pagi dan sore selama 30 menit.

Sering ajak anjing untuk bermain dengan anda atau bermain dengan anjing peliharaan orang lain.

Hentikan pemberian biskuit atau snack anjing.

Sering sering mengikutsertakan anjing dalam berbagai festival dan kegiatan dog on the road.

beberapa Penyebab anjing kegemukan dan cara mencegahnya

Demikian informasi mengenai penyebab anjing kegemukan dan cara mencegahnya. Semoga informasi diatas membantu anda. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai daftar yang boleh dan tidak boleh dilakukan kepada anjing peliharaan.