Penyebab anjing dan kucing yang keracunan dan cara mencegahnya

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik anjing dan kucing harus tahu penyebab anjing dan kucing yang keracunan dan cara mencegahnya. Kucing yang keracunan bisa dilihat dengan tandanya yaitu lemas, muntah, diare, kejang, muntah muntah, pendarahan, banyak keluar lendir dari mulut, dan nafas sesak. Anda bisa langsung membawa kucing atau anjing anda ke dokter hewan jika tanda diatas sudah berlangsung selama 2 hari.

beberapa Penyebab anjing dan kucing yang keracunan dan cara mencegahnya

Beberapa penyebab anjing dan kucing yang keracunan dan cara mencegahnya

Obat obatan manusia. Perlu anda ketahui bahwa tidak setiap obat manusia aman untuk diberikan pada hewan peliharaan anda. Misalnya ketika anjing atau kucing anda demam, anda tidak bisa memberikan parasetamol yang anda beli di warung, karena parasetamol bisa membunuh kucing atau anjing peliharaan anda. Jika anda tetap berikan parasetamol maka kucing akan sesak nafas, kejang dan akan mati. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan tentang apa saja obat manusia yang aman untuk diberikan pada anjing dan kucing anda.

Makanan dan minuman. Tidak semua makanan dan minuman manusia aman diberikan pada kucing atau anjing.

Tanaman di sekitar rumah. Beberapa tanaman yang berbahaya untuk hewan peliharaan anda yaitu lidah buaya apalagi lendirnya terjilat, tanaman pakis dan paku, kuping gajah dan lainnya.

Pemanis buatan. Pemanis buatan seperti xylitol dan aspartam bisa menaikkan hormon insulin sehingga kadar gula dalam tubuh hewan peliharaan anda turun drastis yang bisa membuat nya muntah muntah, kejang dan akan mengalami kegagalan hati.

Cairan pembersih. Setelah anda membersihkan ruangan ataupun mainan hewan peliharaan anda, biarkan beberapa saat agar benar benar kering sebelum digunakan hewan peliharaan anda. Selain itu jangan mendekatkan cairan disinfektan, pembersih kuman, wipol, pemutih pakaian dan detergen dekat dengan hewan peliharaan anda karena bisa membuat mereka keracunan. Karena barang barang tersebut bisa membuat jaringan dalam tubuhnya terbakar dan sangat beracun.

Cara pencegahan yang bisa dilakukan yaitu

Selalu awasi saat hewan peliharaan anda bermain. Kucing dan anjing adalah hewan yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Sehingga ketika bermain, mereka sering menjilat dan memakan benda asing seperti binatang kecil, rumput dan tanah. Perhatikan selalu agar mereka tidak sembarang jilat dan makan benda di luar rumah anda ketika bermain.

Singkirkan semua benda yang mengandung zat kimia yang bisa menimbulkan keracunan.

Penyebab anjing dan kucing yang keracunan dan cara mencegahnya

Demikian informasi mengenai penyebab anjing dan kucing yang keracunan dan cara mencegahnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara mencegah kucing lama dengan kucing baru tidak bertengkar.