Penyakit yang menyerang binatang peliharaan saat musim hujan

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik hewan peliharaan perlu tahu penyakit yang menyerang binatang peliharaan saat musim hujan.

Penyakit yang menyerang binatang peliharaan saat musim hujan

Beberapa penyakit yang menyerang binatang peliharaan saat musim hujan.

Penyakit kulit. Kulit adalah bagian tubuh yang sensitif terhadap perubahan cuaca. Penyakit yang bisa menyerang kulit yaitu jamur, kutu dan tungau. Penyakit kulit yang parah biasanya ditandai dengan kulit mati dan mulai bernanah.

Penyakit di saluran pernapasan. Biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Sehingga kucing dan anjing sering batuk atau flu, bersin dan sesak nafas ketika memasuki musim penghujan atau musim dingin. Ciri ciri penyakit ini yaitu nafsu makan menurun, badan menjadi lemah, dan ditandai dengan ingus.

Penyakit saluran pencernaan yang disebabkan bakteri atau virus. Gejalanya yaitu muntah, diare, tidak nafsu makan, lesu, dehidrasi dan demam. Contohnya yaitu penyakit hepatitis yang diakibatkan infeksi dari virus karena tidak memberikan vaksinasi hepatitis pada hewan peliharaan. Penyakit distemper yang membuat anjing muntah berlebihan sehingga dehidrasi. Penyakit infeksi parvovirus membuat muntah dan diare berdarah.

Penyakit leptospirosis. Penyakit ini bisa menular pada manusia yang merusak ginjal. Bakteri ini biasanya ada di genangan air terutama saat hujan. Bakteri ini berkembang di saluran kemih tikus dan anjing dan akan dikeluarkan melalui air seni. Gejala penyakit ini yaitu demam, kencing darah, sulit kencing, kuning pada kulit, gusi, diare, muntah, bahkan dapat berakibat kematian.

beberapa Penyakit yang menyerang binatang peliharaan saat musim hujan

Demikian informasi mengenai Penyakit yang menyerang binatang peliharaan saat musim hujan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab kucing mudah terkena penyakit kulit.