Penyakit yang menimpa hewan peliharaan yang obesitas dan cara menanganinya

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik hewan peliharaan harus tahu penyakit yang menimpa hewan peliharaan yang obesitas dan cara menanganinya. Obesitas bisa menimbulkan banyak penyakit berbahaya. Meskipun banyak pemelihara hewan yang suka melihat binatang peliharaannya gemuk karena lebih terlihat lucu dan menggemaskan. Obesitas sendiri bisa disebabkan pemberian pakan yang berlebihan, perubahan hormon atau obat obatan yang memicu keinginan makan berlebihan.

Penyakit yang menimpa hewan peliharaan yang obesitas dan cara menanganinya

Beberapa penyakit yang menimpa hewan peliharaan yang obesitas dan cara menanganinya.

Diabetes. Ini diawali dengan peningkatan kadar glukosa darah. Cara menanganinya yaitu dengan menerapkan diet sehat dan ketat. Batasi asupan makanan yang memiliki kadar karbohidrat dan protein yang tinggi. Cara lainnya yaitu dengan pemberian insulin secara teratur.

Sulit bergerak. Penimbunan lemak berlebih tentu akan membuat penurunan gerak. Lama kelamaan sendi akan terasa sakit karena harus membawa bebab berlebih. Dan mungkin saja mengalami pincang dan peradangan karena terus mengalami tekanan berlebih.

Gagal jantung. Obesitas bisa menyebabkan penimbunan lemak pada otot jantung yang bisa menurunkan kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Yang bisa membuat serangan jantung mendadak.

Batu ginjal. Ini karena obesitas bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih yang membentuk batu ginjal yang akan menggangu proses buang air kecil pada hewan peliharaan anda.

Sulit melahirkan. Timbunan lemak berlebih yang ada di panggul akan menyulitkan bayi keluar dan bisa meningkatkan resiko kematian pada induk dan bayi.

Cara menanganinya yaitu dengan manajemen pemberian makan yang benar, mengatur asupan energi dan vitamin yang seimbang dan diperlukan latihan ekstra agar hewan obesitas tersebut lebih banyak gerak.

Demikian informasi mengenai Penyakit yang menimpa hewan peliharaan yang obesitas dan cara menanganinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara menangani infeksi jamur pada hewan peliharaan.