Penyakit yang bisa menyerang kucing usia tua

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemelihara kucing harus tahu penyakit yang bisa menyerang kucing usia tua.

Beberapa penyakit yang bisa menyerang kucing usia tua.

Diabetes. Penyakit ini mirip dengan yang menderita manusia. Kucing yang terkena penyakit ini biasanya kucing yang obesitas. Sehingga diet sehat yang ketat dibutuhkan dan pengawasan dokter diperlukan. Ciri ciri kucing yang menderita penyakit ini adalah nafsu makan tinggi, haus yang berlebihan dan mengeluarkan urin berlebihan.

Penyakit yang bisa menyerang kucing usia tua

Gangguan ginjal. Biasanya terjadi pada kucing berusia 8 tahun keatas. Jika kucing terkena penyakit ini maka bisa dilihat dari urinnya yang mengandung bercak darah. Ciri cirinya yaitu haus yang berlebihan, susah buang air besar, nafsu makan berkurang dan penurunan berat badan. Untuk menanganinya yaitu dengan melakukan diet dengan protein yang mudah dicerna (digestible), fiber atau serat yang tinggi, magnesium, dan natrium yang cukup.

Gangguan saluran pencernaan. Seperti diare, muntah, dan penurunan nafsu makan. Cara menanganinya yaitu dengan banyak memberikan makanan yang mengandung asupan protein, lemak, dan karbohidrat yang mudah dicerna.

beberapa Penyakit yang bisa menyerang kucing usia tua

Gangguan gusi dan gigi. Pemberian pakan harus berupa pakan yang lembut dan tidak keras dan tidak terlalu kering. Ini untuk mencegah terjadinya luka gusi sehingga nafsu makan akan menurun.

Penyakit jantung. Untuk menghindarinya jangan beri makanan yang mengandung kadar garam tinggi seperti ikan yang diasapi. Berikan makanan yang banyak mengandung asam amino yang bisa meningkatkan kekuatan jantung kucing anda.

Peradangan sendi. Ini ditandai dengan sulit bergerak dan tidak bisa melompat ke tempat yang lebih tinggi. Ini diperparah dengan berat badan berlebih yang dimiliki kucing. Sehingga perlu diberikan suplemen kondroitin sulfat dan glukosamin untuk persendian.

Kulitnya juga akan mengendur sehingga perlu diberikan omega 3, omega 6 dan vitamin E yang cukup agar kesehatan kulit dan bulu nya tetap terjaga.

Demikian informasi mengenai Penyakit yang bisa menyerang kucing usia tua. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai pentingnya vaksinasi untuk anjing peliharaan.