Pentingnya vaksinasi bagi binatang peliharaan

Post On: November 10, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik hewan peliharaan harus tahu pentingnya vaksinasi bagi binatang peliharaan. Vaksinasi adalah proses memasukkan virus, bakteri, yang sudah dilemahkan dengan cara diatenuasi (sifat patogen nya dihilangkan dgn cara ini), jadi sifatnya akan merangsang terbentuknya antibodi tanpa menyebabkan sakit pada individu yang divaksinasi.

Vaksinasi juga mencegah agar hewan tidak menularkan penyakitnya ke manusia. Setelah divaksinasi mungkin tubuh akan merasa demam, nafsu makan menurun, dan lebih cenderung diam selama 2 hari setelah vaksinasi.  Perlu diketahui bahwa  vaksinasi ini harus rutin dilakukan setiap tahun untuk menurunkan potensi berkembangnya virus rabies di tubuh hewan peliharaan.

Syarat vaksinasi rabies bagi hewan

Hewan harus dalam keadaan sehat,

Tidak ada kasus kematian dilingkungan anda akibat penyakit 2 minggu sebelum vaksinasi,

Kondisi hewan tidak dalam keadaan demam,

Tidak dalam keadaan hamil.

Harus dilakukan oleh dokter hewan. Karena perlu pembuktian dengan tandatangan dan stempel klinik dibagian buku vaksin.

Pentingnya vaksinasi bagi binatang peliharaan

Pentingnya vaksinasi bagi binatang peliharaan yang dilakukan tepat waktu

Vaksinasi rabies bisa dilakukan saat hewan peliharaan berusia 2 bulan atau lebih. Dan terus diberikan setiap tahunnya. Vaksin yang perlu diberikan pada anjing selain vaksin rabies yaitu DHPPIL-R (DISTEMPER, HEPATITIS, PARVO,PARAINFLUENZA, LEPTOSPIROSIS, RABIES).

Vaksin yang perlu diberikan pada kucing yaitu F3 ATAU F4 (FELINE PANLEUKOPENIA, FELINE CALICIVIRUS, FELINE RHINOTRACHEITIS, CHLAMIDYA)

Demikian informasi mengenai pentingnya vaksinasi bagi binatang peliharaan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai tips memandikan binatang peliharaan di rumah.