Pemilihan pakan yang benar untuk menggemukkan kambing

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap peternak kambing harus tahu pemilihan pakan yang benar untuk menggemukkan kambing. Perlu diketahui bahwa proses penggemukan biasanya memakan waktu hingga lima bulan.

Pemilihan pakan yang benar untuk menggemukkan kambing

Cara pemilihan pakan yang benar untuk menggemukkan kambing.

Pilih pakan hijauan segar seperti rumput, daun lamtoro, daun turi, daun singkong yang berprotein cukup tinggi, daun nangka dan daun pepaya. Ada baiknya untuk menjemur terlebih daun hijau tersebut untuk menghilangkan kemungkinan racun. Karena kambing bisa mati karena keracunan.

Makanan tambahan atau konsentrat bisa diberikan untuk mempercepat penggemukan. Konsentrat ini bisa dibeli di toko ternak atau bisa diganti dengan menggunakan bekatul, ampas tahu dan ketela pohon yang sudah di cacah dengan perbandingan 40% : 40% : 20% .

Konsumsi pakan kambing setiap harinya bisa mencapai 3 kilo perhatinya. Jadi berikan pakan yang bervariasi setiap pagi 1,5 kilo dan sore harinya 1,5 kilo juga.

Waktu terbaik memberi makan kambing yaitu pukul 8 pagi dan jam 4 sore sambil mengganti air minumnya.

Berikan pakan hijau terlebih dahulu baru memberikan pakan konsentrat.

Minuman yang paling bagus untuk kambing adalah air cucian beras yang sudah di campur dengan sedikit bekatul atau dedak.

panduan Pemilihan pakan yang benar untuk menggemukkan kambing

Demikian informasi mengenai pemilihan pakan yang benar untuk menggemukkan kambing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai proses kelahiran anak kambing dan cara menanganinya.