Pemberian pakan hijau dan suplemen untuk sapi

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap calon peternak sapi harus tahu cara pemberian pakan hijau dan suplemen untuk sapi. Tujuan penggemukan sapi yaitu agar sapi dewasa yang kurus bisa bertingkat bobotnya melalui pembesaran daging dalam waktu yang relatif singkat sekitar 3 – 6 bulan. Namun akan berbeda jika memelihara bibitan sapi yang masih kecil. Kunci penggemukan adalah pemberian pakan hijau dan suplemen untuk sapi yang cukup.

Setiap hari sapi membutuhkan pakan 10% dari bobot tubuhnya, serta pakan tambahan sekitar 2 % per harinya. Sapi juga membutuhkan 15 – 30 gram garam per hari dan 13 – 30 gram Kalsium Phospat yang ada di tepung tulang atau kapur. Sediakan juga air bersih yang cukup. Sapi diberikan makan 2 atau 3 kali sehari. Perlu diberikan variasi pakan agar sapi tidak bosan serta kebutuhan nutrisi yang cukup. Pemberian pakan tambahan diberikan 2 jam sebelum pakan hijau. Hal ini bertujuan untuk merangsang keluarnya enzim dari ludah sapi untuk memicu pertumbuhan bakteri di dalam rumen sapi.

Pemberian pakan hijau dan suplemen untuk sapi

Panduan pemberian pakan hijau dan suplemen untuk sapi

Pakan hijau terbagi menjadi 3 yaitu hijauan segar, hijauan kering dan silase.

Hijauan segar seperti rerumputan, daun kacang – kacangan, dan dedaunan hijau lainnya. Hijauan segar yang bagus untuk pakan sapi adalah daun turi, daun lamtoro, rumput gajah, rumput raja, rumput setaria, daun tebu, alang – alang, alang – alang dsb.

Hijauan kering berasal dari hijauan segar yang sengaja di keringkan agar tahan lebih lama. Seperti jerami padi, jerami jagung, jerami kacang tanah yang biasanya di berikan saat musim kering tiba.

Silase atau hijauan segar yang di awetkan. Cara membuatnya yaitu dengan menutup rapat hijuan segar yang selanjutnya akan terjadi proses fermentasi. Silase yang sering digunakan adalah silase rumput, silase jagung, silase jerami padi dsb.

Pemberian pakan hijauan segar tentu kurang efektif untuk proses penggemukan oleh karena itu dibutuhkan pakan tambahan atau konsentrat. Ini bisa berupa dedak padi halus, ampas tahu, gaplek, bungkil kelapa, ampas bir, ampas tebu, kulit biji kedelai, kulit nanas, tepung ikan dan batang sagu rumbia yang sudah di kupas.

Suplemen berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan si sapi. Vitamin dan suplemen yang cocok bisa dibeli di toko pakan ternak. Contoh suplemen untuk ternak yaitu merek Viterna Plus, POC Nasa dan Hormonik, yang mengandung nutrisi yang di butuhkan hewan ternak.

pola Pemberian pakan hijau dan suplemen untuk sapi

Demikian informasi mengenai pemberian pakan hijau dan suplemen untuk sapi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara memelihara kesehatan sapi ternak.