Peluang Usaha Beternak Lovebird

Post On: November 17, 2015
By: Dhio

Peluang usaha beternak lovebird merupakan bidang penghasilan baru yang masih sangat bisa berkembang. Demam menangkar burung berkicau nampaknya sedang dialami masyarakat negeri ini khususnya mereka yang suka terhadap burung pelomba maupun penghobi rumahan. Lovebird adalah jenis yang paling mudah dan menguntungkan untuk saat ini. Sangat tepat untuk dipilih bila ingin memulai menangkar bagi masyarakat yang peduli dengan kelestarian hayati melalui gerakan penangkaran burung. Mengapa lovebird sangat cocok untuk peluang usaha penangkaran burung ?. Lovebird dalam kesehariannya mudah perawatannya dan saat ini harga jual di pasaran mulai mahal. Lovebird adalah jenis burung yang tidak terlalu sensitif saat berinteraksi dengan manusia bahkan bisa akrab sebagai teman bermain. Biaya merawat atau menangkar burung ini juga tidak terlalu mahal.

Peluang usaha beternak lovebird lengkap

Peluang usaha beternak lovebird sebagai pertimbangan usaha.

Pertimbangan itulah yang bisa diambil sebagai peluang usaha beternak lovebird. Apalagi para penggemar burung ataupun masyarakat umum yang berhenti bekerja atau di PHK, bisa memilih membuka peluang usaha beternak lovebird. Untuk memulai penangkaran, tidak terlalu banyak mengeluarkan dana karena biaya pembuatan kandangnya tidak terlalu mahal. Cukup dengan kayu bekas dan kawat yang tidak seberapa mahal dan indukan juga tidak mahal namun bervariasi tergantung warna dan asalnya. Seperti jenis lutino memang cukup mahal. Rata-rata berkisar 6 juta/pasang. Sedangkanjenis yang biasa dilombakan yaitu warna hijau dan kacamata harganya yang sudah bunyi berkisat 2-3,5 juta per ekor dengan kualitas bagus. Kalau kita hutung satu pasang indukan menghasilkan antara 3-5 anakan. Lalu dikurangi biaya produksi yang relatif sedikit maka mereka akan mendapatkan penghasilan yang menggiurkan ini. Merupakan sebuah peluang yang sangat menguntungkan. Mengapa tidak mengambil kesempatan ini untuk meraih rupiah. Dan peluang usaha beternak lovebird adalah salah satunya.

Selain memberikan peluang usaha, dengan menangkarkan burung berarti kita membantu menambah populasi burung. Apa boleh buat. Begitulah nasib burung. Makin cantik, makin diburu manusia, dan akhirnya menjadi langka hingga kemudian punah sama sekali. Coba bayangkan bahwa hal itu merupakan kabar buruk bagi kelestarian lingkunga. Namun di sisi lain, hal itu sebetulnya merugikan pecinta burung lantaran sulit mendapatkan di alam. Dalam hitungan bisnis, sebetulnya ini merupakan peluang usaha beternak lovebird penangkaran burung. Persoalannya siapa yang mau bersulit-sulit diri seperti itu?.

Peluang usaha beternak lovebird

Burung adalah indikator yang baik untuk mengetahui kualitas keanekaragaman hayati. Bila mereka terancam punah atau populasinya menurun, kita bisa memastikan bahwa lingkungannya secara keseluruhan sedang memburuk. Bila tidak ada upaya dalam pemeliharaan lingkungan atau usaha penangkaran, maka beberapa tahun mendatang, keindahan dan keelokan burung-burung yang indonesia miliki mungkin akan tinggal hanya cerita dan hanya bisa dinikmati lewat gambar saja. Hal yang patut mendapat perhatian adalah bahwa Indonesia bersama dengan Brazilia, China, Australia dan Meksiko memiliki banyak sekali spesies yang dikategorikan terancam punah. Sedangkan sebagian besar jenis burung, mamalia dan amfibi yang terancam berada di wilayah tropis seperti Amerika tengah dan selatan, Afrika di selatan sahara, dan asia selatan dan tenggara termasuk indonesia.

Menurut perkiraan Birdlife Asia, pulau-pulau Indonesia yang tersebar dari daratan Asia hingga Australia, merupakan rumah bagi sepertiga lebih spesies burung langka Asia. Ini merupakan konsentrasi terbesar di wilayah Asia. Spesies-spesies burung di wilayah Asia berada dalam masalah serius. Dari 332 spesies burung yang terancam di Asia tersebut, 117 jenis terdapat di Indonesia. Mungkin sedikit saja orang yang meratapi kepergian burung-burung kecil itu karena ketidaktahuannya, namun sesungguhnya penurunan populasi burung, bahkan dari spesies paling kecil sekalipun, merupakan pertanda bahwa lingkungan disana memiliki masalah. Bagi pecinta burung yang dilombakan, sudah saatnya untuk menyadari arti kepunahan di habitatnya. Prilaku selalu membeli burung hasil tangkapan dari hutan adalah secara tegas sikap mendukung akan hilangnya dari habitatnya. Namun dengan komitmen mendukung sebuah program tidak ada penangkaran tidak ada lomba diperlukan. Oleh karena itu peluang usaha beternak lovebird dan burung lainnya harus digalakkan selain mendapatkan keuntungan juga ikut menjaga populasi burung.

tips Peluang usaha beternak lovebird

Semua lovebird mempunyai peran ganda yakni sebagai burung hias dan master maupun burung sebagai peserta kontes. Kini keuntungan yang diberikan lovebird adalah sebagai mesin pencetak uang sehingga bisa menjadi peluang usaha beternak lovebird penangkaran burung. Kondisi ini lantaran burung yang bulunya kaya warna ini permintaan dari kalangan penghobi maupun pelomba cukup tinggi. Dengan demikian, statusnya semakin bagus dan cantik. Melambungnya harga dan nama burung lovebird, menjadi pendorong bagi peternak untuk terus membuka peluang usaha penangkaran burung lainnya. Hebatnya lagi usaha penangkaran ini selalu kewalahan dalam melayani jumlah pesanan burung lovebird. Mulai dari lovebird biasa hingga yang berkualitas kontes atau warna bulunya langka. Kebanyakan pembeli burung lovebird, tertarik karena suara dan keindahan bulunya. Apalagi ketika sedang berkicau dengan bergaya menggeleng-gelengkan kepala dan mengepak-ngepakkan sayapnya. Sepasang lovebird yang berusia 3 bulan sudah laku dengan harga Rp. 1.000.000 per pasang. Inipun warnanya hijau, belum lagi jika warna bulunya langka dan bulunya putih polos dengan warna mata merah.

Demikianlah informasi mengenai peluang usaha beternak burung, untuk informasi jenis-jenis binatang peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ hobi memelihara lovebird di Indonesia.