Pakan Murai Batu Unggulan

Post On: April 10, 2015
By: Dhio
In: Murai

Pakan murai batu di alam dapat berupa berbagai macam serangga, cacing, ataupun berupa ikan kecil. dalam satu penangkaran, pakan yang diberikan untuk murai batu dapat selayaknya seperti mereka hidup di alam liar. burung murai batu merupakan burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Pakan murai batu alami

1. Kroto : kroto merupakan pakan alami burung murai batu yang dihasilkan oleh semut merah atau semut rangrang yang berupa larva atau telur. kroto dihasilkan oleh semut rangrang dapat ditemukan di pohon-pohon yang memiliki daun yang lebar dan rapat yang dapat digunakan sebagai sarang semut rangrang dan meletakkan telurnya. oleh para pecinta burung murai batu, pakan terbaik untuk murai batu adalah pakan alami yang berupa kroto. mereka meyakini bahwa pakan ini memberikan asupan gizi yang maksimal dan dapat menjadikan burung murai kesayangannya pada performa terbaiknya.
kroto sangat diperlukan pada saat mendapatkan murai bahan dari hasil tangkapan di hutan, bahkan kroto ini dijadikan sebagai makanan pokok oleh murai batu bahan. pemberian kroto ini juga disarankan terus menerus setiap hari agar burung murai batu bahan cepat berkicau.

2.jangkrik : pakan alami yang harus ada dalam memelihara murai batu salah satunya berupa jangkrik. jangkrik merupakan pakan alami yang banyak mengandung protein tinggi sehingga dalam pemberiannya perlu dibatasi jumlahnya. pemberian jangkrik untuk murai batu sangat mempengaruhi kesiapan hormon dan organ reproduksi. jangkrik merupakan extra food alami yang mudah didapatkan di pasaran dan mudah dibudayakan. jangkrik memiliki manfaat dan berkhasiat dalam meningkatkan power kicauan dan meningkatkan kinerja hormon reproduksi baik pada burung murai jantan maupun betina. cukup dengan 2 ekor jangkrik setiap 2 hari.

Pakan Murai Batu

3. kuning telur rebus : telur yang umumnya dipergunakan dalam pembuatan extra food ini adalah telur puyuh dan telur itik yang notabene memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, jika di pasaran sulit untuk ditemukan maka telur ayam bisa juga dipakai walaupun kandungan proteinnya lebih sedikit. penyajian kuning telur harus direbus terlebih dahulu dan jika diinginkan tinggal ditambah sedikit madu. khasiat kuning telur rebus yang dikonsumsi oleh burung murai batu tidak hanya dapat memberi rasa kenyang saja. tetapi juga dapat membuat suara murai batu stabil dan tidak pecah untuk pemberian jangka panjang.
cara menyajikan kuning telur sebagai extra food:
* telur direbus hingga matang terutama bagian kuning telurnya
* ambil bagian kuningnya kemudian diserut dengan serutan keju
* tahap awal pemberian, campurkan serutan kuning telur tadi dengan kroto dengan perbandingan 3:1 (kroto : kuning telur)
* pertahankan ini sampai satu minggu
* setelah itu, kurangi porsi proto sehingga jumlahnya sama dengan kuning telur (1 : 1) tetap lakukan ini seterusnya.

4. belalang : belalang dapat memberikan kualitas suara bagi murai batu dan memberikan efek baik pada bulunya sehingga lebih berkilau. tapi disarankan cukup memberikan satu ekor belalang setiap minggunya, karena jika terlalu sering tidak baik bagi murai batu. jika burung murai batu terlihat kurus maka bisa diberikan 1 ekor belalang setiap harinya karena bisa mengatasi gizi buruk pada burung dan membantu pertumbuhan burung. namun jika sudah terlihat sudah memiliki badan normal hentikan asupan belalang.

5. jenis ulat seperti ulat kandang, ulat bambu dan ulat hongkong, tetapi disarankan cukup memberi pada burung satu ekor setiap hari saja.

Pakan murai batu tentu berbeda dengan jenis-jenis burung peliharaan yang bisa dilihat di Home lainnya.

Pakan murai batu buatan

pakan buatan digunakan sebagai penopang dalam pemeliharaan burung murai batu. pakan ini berbentuk pelet, disarankan agar memilih pelet yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. beberapa keuntungan dari penggunaan pakan buatan sebagai makanan burung murai batu adalah :
* kandungan gizinya lebih lengkap dan mudah diatur sesuai dengan kebutuhan dan umur burung
* tidak ada ketergantungan pada musim karena dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama
* dapat digunakan dalam keperluan budidaya yang besar
* mudah didapatkan di pasaran

Melihat bahan makanan sehat untuk murai batu yang mudah didapat maka tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak memberikan pakan terbaik untuk burung peliharaanmu.

Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di Kandang Murai Batu Standard.