Pakan burung merpati yang sehat

Post On: May 16, 2015
By: Dhio

Pakan burung merpati dewasa yang baik untuk kamu berikan pada burung merpati kesayangan kamu adalah :

1. Biji bijian (disarankan gabah beras merah atau beras biasa)
2. Jagung (disarankan jagung kualitas super)
3. Kacang hijau
4. Sentrat

Pakan burung merpati anakan :
1. Jagung (disarankan yang ukurannya tidak terlalu besar)
2. Kacang hijau (yang bersih dan hijau segar)
3. Beras merah
4. Untuk air minumnya selalu ganti 2 kali sehari, pada saat pagi dan sore.

pakan burung merpati

pakan burung merpati sehat 

Untuk pakan seperti jagung, selain harganya murah juga mendapatkannya gampang tinggal beli di pasar. Dalam memberi pakan lebih baik 2 kali sehari yaitu pada jam 8 pagi dan jam 4 sore. Usahakan memberi pakan pada saat hari masih ada mataharinya karena burung merpati biasa makan pada saat terang, bukan gelap. Usahakan wadah untuk tempat makan dan minum burung merpati lebar supaya tidak berebut makannya ya guys.
Untuk menjaga selera makan burung merpati kamu, maka pemberian pakan burung merpati bisa diganti setiap harinya. Misalkan hari ini diberi jagung, besok campuran kacang hijau dan gabah beras.

pakan burung merpati yang sehat

Pakan burung merpati yang sehat

1. Sulfamix, vitamin ini adalah salah satu obat antibiotic untuk unggas dan juga ayam. Untuk pemakaiannya kamu bisa lihat di kotak vitamin tersebut. Vitamin ini bisa menghindari burung merpati kamu dari penyakit seperti berak darah, berak kapur, pilek, berak hijau dan batuk ngorok.
2. Tetra – Chlor juga merupakan salah satu obat antibiotik. Vitamin ini terdiri dari vitamin B1, B2, B12 dan vitamin C. Vitamin ini berfungsi untuk mengatasi berak kapur, pilek, berak hijau dan juga batuk ngorok.
3. Baytrill, vitamin ini berfungsi untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Vitamin ini diberikan dengan obat tetes.
4. Mycocoli, Vitamin ini merupakan anti bakteria yang bisa membasmi semua penyakit dari bakteri dan mycopasma sp. Vitamin ini juga berbentuk cair dan harus diberikan dengan meneteskan ke mulut burung merpati.
5. Ascaristop, Vitamin ini adalah vitamin anti cacing. Vitamin ini juga mengandung antibiotik sehingga bisa mengobati penyakit cacingan akut pada burung. Hebatnya dari obat ini adalah cacing yang keluar masih dalam keadaan hidup-hidup karena adanya zat aktif piperazin yang mendorong cacing agar keluar dari tubuh burung merpati.
6. Yang paling sering digunakan adalah Birdvit yang mengandung vitamin A,B,C,D dan K.

Demikianlah informasi mengenai pakan burung merpati, untuk melihat jenis-jenis burung peliharaan yang lainnya silahkan lihat di Home.