Pakan burung lovebird yang tepat

Post On: November 28, 2015
By: Dhio

Pakan burung lovebird ada banyak. Umumnya pakan yang diberikan pada lovebird berupa biji-bijian seperti kenari seed, millet, jewawut, gabah dan biji sawi. Campuran pakan tersebut dijual di kios-kios pakan burung dalam satu kemasan. Namun komposisinya terkadang tidak sesuai dengan peruntukan burung. Misalnya lovebird khusus lomba akan beda kebutuhannya dengan lovebird yang berada dalam kandang penangkaran. Ada resep rahasia untuk mempersiapkan burung lovebird untuk arena kontes, yaitu diberi beras merah.

Pakan burung lovebird yang umum

Pakan burung lovebird yang baik diberikan yaitu beras merah. Kenapa beras merah? Di kalangan komunitas ayam aduan pemberian beras merah merupakan pakan wajib untuk menjaga daging dan uratnya tetap kental dan tidak lembek. Demikian halnya lovebird yang mengkonsumsi rutin yang dicampur beras merah maka tubuhnya sintal tak berlemak. Postur tubuhnya sangat proporsional dan nampak sexy saat bertengger di pangkringan. Lantas berapa persen komposisi beras merah yang disuguhkan ? adalah paling sedikit komposisi beras merah yang diberikan ketimbang jenis pakan biji-bijian lainnya. Sebab beras merah bukan menu utama namun sebagai penyeimbang yang dibutuhkan lovebird.

Pakan burung lovebird

Jagung basi yang diberikan bisa membuat mencret burung lovebird. Sangat dianjurkan untuk tidak memberikan jagung basi pada lovebird. Jangan sembarangan beli jagung, kalau tidak mau lovebird kesayangannya mencret. Akibat makan jagung basi, bisa terserang berak basah dan berlanjut pada kematian. Agar terhindar dari mencret yang berlanjut pada kematian, perlu selektif dalam memilih jagung yang akan dibeli. Karena jagung yang tidak laku dijual akan mengeluarkan jamur yang kemungkinan besar bakteri, kalau diberikan pada lovebird maka akan menyebabkan mencret. Lebih baik kalau membeli jagung, pilih yang masih ada kulitnya. Dan lihat bijinya yang tidak keriput. Kalau sudah keriput berarti jagung tersebut sudah terlalu lama nginap karena tidak laku terjual.

Ketika mendapatkan jagung yang masih segar, langsung beli saja dalam jumlah banyak. Dengan maksud, mumpung mendapatkan jagung yang masih segar. Selanjutnya bagi mereka yang punya kulkas, biasanya langsung dimasukkan saja. Sedangkan yang tidak punya kulkas, justru beli dalam jumlah banyak akan sia-sia. Pasalnya jagung tersebut akan menjamur apalagi waktu penyimpanannya terlalu lama. Sama halnya yang dilakukan pedagang  apabila dagangannya minim lakunya. Untuk memberikan jagung yang sebelumnya telah disimpan di kulkas, sebaiknya jangan langsung diberikan .Biarkan dulu hingga dingin dan embun berkurang atau hilang, hal ini akan lebih baik untuk menghindari burung lovebird mencret. Apalagi kalau diberikan pada burung lovebird yang sedang menyuapi anak, pengaruhnya sangat besar. Tidak hanya induknya, anakannya juga akan terserang penyakit mencret. Pemberian tidak perlu setiap hari, cukup 1 minggu sekali. Kalau diberikan setiap hari burung tersebut akan menjadi gemuk.Pakan burung lovebird yang perlu dihindari karena akan menyebabkan mencret yaitu tidak mengganti pakan millet dengan yang baru. Artinya pakan millet harus diganti setiap hari.

Pakan untuk burung lovebird

Kangkung bersifat menurunkan birahi (jangan berikan kangkung jika ingin meningkatkan birahi lovebird). Kangkung merupakan jenis sayur-sayuran yang mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, hentriakontan dan sitosterol. Semua yang terkandung di dalam tanaman sayur tersebut dapat dimanfaatkan manusia karena sifatnya sebagai anti racun, anti radang, peluruh kencing, menghentikan pendarahan, sedative (obat tidur). Kangkung juga bersifat menyejukkan dan menenangkan, kedua sifat terakhir ini yang dapat digunakan para penghobi lovebird untuk  menurunkan birahi agar tidak terlalu tinggi. Menurunkan birahi lovebird penting dilakukan, terutama waktu lovebird betina memasuki masa mengeram dan merawat anaknya. Ketika induk lovebird betina sedang mengerami telurnya kadar birahi yang rendah diperlukan agar telur tetap dalam kondisi dierami tidak ditinggalkan induknya, bila telur ditinggalkan berakibat fatal telur akan gagal menetas. Begitu pula agar memiliki perhatian pada anak lovebird kondisi induk betina harus dijaga agar birahinya tetap rendah sehingga keinginan kawin lagi tidak ada dan tetap merawat anaknya hingga mampu makan sendiri.

Pakan untuk burung lovebird biji bunga matahari

Pakan burung lovebird seperti biji bunga matahari yang overdosis bisa meningkatkan tensi birahi meningkat dan bulu halus juga bisa rontok. Di antara berbagai macam makanan yang dikonsumsi, biji bunga matahari adalah salah satu menu favorit lovebird. Burung berbulu indah ini gemar mengkonsumsi biji bunga matahari karena makanan tersebtu  berbentuk biji-bijian seperti halnya millet yang merupakan menu utamanya. Selain itu, makanan yang berasal dari bunga ini juga memiliki rasa yang cukup enak untuk dikonsumsi. Bahkan, sejak muncul persepsi kalau biji bunga matahari dapat menambah birahi serta menjaga stamina lovebird, banyak penghobi yang memberikan makanan tersebut dengan porsi berlebih, dengan tujuan supaya burungnya dapat tampil maksimal saat mengikuti lomba. Meningkatkan birahi lovebird yang akan turun dalam kontes ini penting karena burung yang dalam keadaan birahi biasanya akan lebih sering berkicau dibandingkan dengan burung yang dalam keadaan kurang birahi. Tapi sayang, pemberian biji bunga matahari secara berlebih ternyata sangat tidak dianjurkan dan akan berdampak negatif bagi lovebird. Burung yang terlalu banyak mengkonsumsi biji bunga matahari biasanya akan mengalami kerontokan bulu, terutama pada bulu halus yang menyelimuti bagian dada serta punggungnya. Kerontokan bulu itu terjadi karena biji bunga matahari bersifat panas serta dapat menaikkan suhu tubuh burung. Akibat suhu tubuh yang terlalu panas itulah akhirnya membuat bulu halus yang tidak seberapa kuat tertanam pada kulit burung menjadi terlepas atau rontok. Untuk menghindari hal tersebut, dengan memberikan biji bunga matahari hanya sekali dalam seminggu dengan porsi 5 biji setiap minggunya.

Demikainlah informasi mengenai pakan burung lovebird yang tepat, Untuk informasi mengenai jenis-jenis burung peliharaan silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di perawatan kesehatan burung lovebird.