Pakan Berkualitas Untuk Kenari

Post On: March 31, 2015
By: Dhio
In: Kenari

Pakan berkualitas untuk kenari merupakan hal penting karena kenari tergolong burung yang doyan makan. Apabila kenari diberi pakan hijauan (misalnya daun selada), pakan tersebut baru ditinggalkan setelah daunnya habis. burung kenari hanya terhenti makan saat sedang berkicau. kenari termasuk pemakan segala jenis pakan (omnivora). jenis pakan biji-bijian dan sayuran hijau menjadi pilihan utama kenari yang dipelihara dalam sangkar soliter mupun yang ditangkarkan. untuk memenuhi kebutuhan zat-zat tertentu, kenari diberi pakan bervariasi atau pakan tambahan berupa tepung, butiran, atau cairan yang dapat dicampurkan dengan pakan biji-bijian. upaya ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan burung terkena penyakit defisiensi, kenari dapat mencapai umur lebih dari 8 tahun, dan warna bulunya dapat dipertahankan atau bahkan diupayakan lebih cerah dengan memberikan pakan “penguat warna”.

Beberapa Pakan Berkualitas Untuk Kenari.

Pakan Berkualitas untuk kenari harus memenuhi syarat dibawah ini:
1. zat gizi yang diperlukan kenari
zat-zat pakan yang diperlukan organ tubuh kenari adalah protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin dan air. protein, karbohidrat dan lemak merupakan sumber energi sehingga burung dapat melakukan akitvitas. protein juga membantu pertumbuhan, terutama pada burung muda. mineral dibutuhkan dalam pembuatan struktur tulang. vitamin berperan mempertahankan kestabilan kondisi tubuh dan membantu kelangsungan kenari betina untuk terus berproduksi dengan baik. sementara air merupakan salah satu komponen penyususn darah, membantu pencernaa, dan mengatur kestabilan tubuh. Pakan berkualitas untuk kenari selanjutnya.

2. jenis pakan biji
pakan biji-bijian yang dapat diberikan pada kenari cukup banyak dan mudah diperoleh. bila digunakan pakan kiloan, perlu diperhatikan kualitasnya karena sering tercampur kotoran. hal itu bisa diatasi dengan merendam pakan tersebut dalam air, membersihkannya dari kotoran dan membuang biji-biji yang mengapung di atas air. kualitas biji dikatakan baik jika masih bisa berkecambah(hidup) dan bisa turun ke dasar air jika direndam. dengan begitu, biji diharapkan kandungan gizinya masih cukup tinggi. bijian yang direndam dalam air harus dijemur hingga kering kemudian disimpan dalam kaleng setelah dipastikan cukup dingin atau panasnya telah hilang. jenis bijian yang baik untuk kenari adalah :

Pakan berkualitas untuk kenari Unggul

a. biji kenari : cukup banyak didapat di pasaran dengan label Canary Seed. biji kenari yang kurang bagus berwarna krem keabuan, sedangkan yang berwarna baik yaitu berwarna abu-abu kehitaman dan isinya cukup padat. biji kenari sangat baik diberikan pada saat kenari memasuki masa penjodohan sampai memasuki masa kawin atau pada saat akan dikonteskan. biji kenari kurang baik diberikan pada kenari muda berumur kurang dari 3 bulan sebab kulitnya agak liat atau sulit dipipil. namun, biji kenari harus tetap diberikan sebagai campuran pakan untuk lebih dikenali dan membiasakan burung, terlebih lagi anakan tersebut masih disatukan dengan induknya.
b. biji lobak : biji lobak dapat diberikan pada kenari dan sifatnya basah, mudah disisil, sangat disukai kenari di musim panas. meskipun kenari sangat menyukai biji lobak, jumlah yang diberikan perlu dibatasi karena mengandung kadar lemak yang cukup tinggi. pada kenari dewasa, cukup 5% dari total bijian yang diberikan dan pada kenari muda, cukup 10% dari total campuran biji yang diberikan. biji lobak sebaiknya tidak diberikan apda kenari yang sedang mengalami masa ganti bulu karena dapat memperlambat burung untuk berkicau kembali. kalaupun mau memberikannya cukup 2-3% dari total campuran biji dan sebaiknya tidak diberikan setiap hari, cukup 2 kali seminggu.

Pakan berkualitas untuk kenari idola

c. biji bunga matahari : mengandung minyak dan baik untuk menyuburkan dan membuat bulu kenari bercahaya. kandungan minyaknya dapat memperlancar proses produksi telur pada kenari yang ditangkarkan. biji bunga matahari sebaiknya bentuknya pipih karena kadar lemaknya lebih rendah daripada yang lonjong agak bulat bergaris. sebelum diberikan, kulitnya dikupas dulu. akan tetapi, jangan sekali-kali memberikan biji bunga matahari untuk cemilan sebab kadar garamnya dapat membahayakan suara kenari.

Jenis pakan biji berbeda-beda sesuai dengan jenis-jenis burung peliharaan lihat di home.
3. sayuran : kenari sangat menyukai sayuran, diantaranya daun selada, sawi putih, daun bayam, dan oyong (gambas). pemberian sayuran tersebut harus dalam keadaan segar.

4. buah-buahan : buah-buahan dapat dijadikan sebagai pakan selingan pengganti sayuran. pakan tersebut dapat memacu suara kenari menjadi lebih bersih, khususnya pada kenari yang akan dipersiapkan untuk kontes. jenis buah yang dapat diberikan adalah jambu batu (dagingnya), jambu air, apel, anggur, mentimun, pepaya setengah matang. karena sifatnya yang mudah busuk, sebaiknya sisa buah yang tidak termakan segera dibuang.

5. protein hewani : dapat dilakukan dengan memberi telur dan cacing
a. kuning telur : dicampur denan pakan biji-bijian, kemudian menjemurnya hingga kering, dan ditambah madu. dapat juga diberikan kuning telur rebus yang dibuat menjadi butiran. biasanya kuning telur rebus diberikan pada anak kenari yang akan dipisahkan dari induknya. telur yang dapat diberikan yaitu telur bebek, telur itik manila, telur ayam kampung dan telur ayam ras, jangan diberi telur asin.
b. cacing : sebelum diberikan kepada kenari, cacing terlebih dahulu dijemur sampai kering, kemudian dibuat tepung atau remahan. pemberiannya bisa dicampur dengan tepung roti atau tepung jagung dengan ditambahkan sedikit air sehingga menjadi lumatan. cacing sangat baik diberikan pada saat kenari betina membesarkan anak-anaknya atau pada saat telur akan menetas. pada kenari yang dipersiapkan untuk kontes, tepung cacing dicampurkan dengan pakan biji-bijian serta diberi madu dan kuning telur denga tujuan untuk membuat stamina burung menjadi lebih baik.

6.bahan pelengkap :
a. madu : diberikan secara teratur dan terus-menerus dapat membuat kenari tetap sehat dan mampu memacunya lebih rajin berkicau. pemberian madu pada kenari, bisa dilakukan dengan mencampurkannya pada pakan bijian dan menjemurnya hingga kering. atau dapat juga dicampur dengan tepung roti, tepung jagung, tepung cacing, roti tawar, biskuit, dan kuning telur rebus. pemberian madu dengan cara demikian harus dibatasi dan diperkirakan habis 1-2 jam, terutama untuk induk kenari yang sedang membesarkan anak-anaknya.
b. minyak ikan : minyak ikan terutama diberikan pada pasangan kenari yang telah dimasukkan dalam sangkar penangkaran dan tidak lagi akan dijemur. pemberian minyak ikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D karena untuk sementara waktu burung tersebut tidak dijemur. bisa dicampur dengan pakan bijian dan tepung roti.
c. minyak gandum : minyak gandum bermanfaat untuk memacu perkawinan pada kenari yang akan ditangkarkan karena banyak mengandung vitamin E dan membantu proses pertumbuhan bulu-bulu muda pada burung anakan atau kenari yang mengalami kebotakan.

7. pakan buatan : cara membuatnya yaitu 200 gr tepung roti, 100 gr tepung jagung, 2-3 sendok makan tepung/remahan cacing, 4-5 butir kuning telur rebus, madu 3 sendok makan dan 5-6 tetes minyak gandum (kalau ada) . cara membuatnya yaitu semua bahan tadi dicampur dan diaduk merata satu mersatu. kemudian disangarai (goreng tanpa minyak) di atas api kompor yang sekedar membuat kuali menjad panas.aduklah bahan-bahan tersebut hingga berubah warna dan kering sampai menimbulkan bau harum, kemudian matikan kompor. oseng-osenglah terus bahan-bahan tersebut hingga menjadi dingin dan berbentuk butiran kecil atau remahan yang hampir menyerupai tepung. pakan ini cukup baik diberikan pada kenari selepas mengeram, sedang menjalani proses ganti bulu, dan setelah dikonteskan. pemberiannya cukup 0,5-1 sendok teh dan cukup 2 kali sehari. pada saat diberika pakan buatan, sebaiknya kenari tidak diberi pakan biji-bijian, cukup sayuran dalam jumlah terbatas.

8. pakan penguat bulu: seperti wortel untuk bulu berwarna oranye. dengan diparut kemudian dibuat minuman sehari-hari untuk burung. warna bulu yang kuning dengan perasan kunyit yang dicampurkan pada bijian sebelum diberi madu. dan sayur-sayuran hijau untuk bulu berwarna hijau
Hal-hal ini yang perlu diperhatikan dalam memberikan pakan yang berkualitas.

Untuk informasi berikutnya silahkan menuju kualitas burung kenari unggulan.