Merawat Merpati Secara Lengkap

Post On: October 13, 2015
By: Dhio

Cara merawat merpati harus dilakukan secara rutin seperti memandikan pada pagi hari dan menjemur selama 2 jam. Lalu jam 11 masukkan ke kandang supaya burung merpati tidak kepanasan kemudian pada jam 3 sore, keluarkan lagi burung merpati kamu supaya bisa bermain-main sebelum jam 5. Ketika jam 5 masukkan ke kandang, jangan lupa ganti makanan dan minumannya.

Cara merawat merpati dengan mengecek kesehatannya

  1. Burung merpati kelihatan lesu dan bulu di kepalanya berdiri.
  2. Burung merpati kelihatan memuntahkan pakannya yang bercampur dengan lendir.
  3. Burung merpati sering tidur dan terlihat ngantukan.
  4. Berat badan burung merpati semakin menurun tiap hari.
  5. Lihat kotorannya apakah berwarna hijau, encer atau keluar cacing.

merawat merpati idaman

Untuk mengatasi masalah kesehatan burung merpati diatas berikan saja obat atau vitamin seperti Sulfavit dan Birdvit. Cukup diberikan 2 kali sehari dengan cara mencampurkan ke air minumnya atau dengan dilolohkan ke paruh burung merpati. Supaya kesehatan dan kebugaran burung merpati peliharaan kamu tetap terjaga selalu berikan vitamin dan antibiotik secara teratur setiap seminggu sekali. Apalagi ketika musim hujan datang maka berikan tambahan suplemen seperti PigeonVit.

Agar suhu badan burung merpati kamu tetap hangat pada musim hujan, maka tambahkan lampu neon di atas kandangnya yang dilapisi oleh kaca dibawahnya supaya keadaan kandang tetap hangat. jangan lupa untuk menutup jendela dan pintu dalam kandangnya supaya tidak ada air atau hembusan angin yang masuk.

cara merawat merpati yang benar

Cara merawat merpati juga harus memperhatikan makanan, makanan yang tepat untuk makanan harian burung merpati adalah biji-bijian seperti jagung, kacang hijau dan beras. Untuk sepasang burung merpati dibutuhkan 150 gram makanan untuk sekali makan. Jadi untuk 1 hari dengan 2 kali memberi makan untuk sepasang merpati dibutuhkan 300 Gram biji-bijian.

Cara merawat merpati juga dimulai dari tahap awal yaitu pada saat kelahiran

  1. Sediakan sangkar, bisa dibuat dengan kardus (usahakan bentuknya sedikit tertutup dan hangat)
  2. Untuk alas, pakai daun-daun kering yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Setiap ada kotoran selalu dibersihkan dan ganti alasnya supaya burung tidak kedinginan. Dan paling penting buang sangkarnya aman dari gangguan seperti serangga semut, tikus atau binatang kecil yang mengganggu.
  4. Untuk menjaga kehangatan beri lampu neon cukup dengan daya 15 watt. Usahakan jarak antara lampu dengan tubuh anak 30 Cm supaya kehangatan bisa terus terasa di badan anak burung merpati.
  5. Karena anak burung merpati matanya belum terbuka, kita bisa memberi makan dengan menggunakan pipet.

Cara cara lain:

  1. Sediakan 4 butir pelet yang baru yang dicampur air hangat, usahakan sampai hancur. kemudian berikan 3 kali sehari pada jadwal yang sama setiap harinya sampai umur anak burung merpati 6 bulan.
  2. Cari pipet kecil yang ujungnya tidak terlalu tajam kemudian dilolohkan ke paruhnya.
  3. Jika kamu melihat ada air yang keluar dari hidungnya berarti anak burung merpati itu tersedak, hentikan sebentar kemudian lanjutkan kembali.
  4. Setelah dikasih makan pelet maka suapkan juga air minumnya melalui pipet.
  5. Terus lakukan pemberian makan dengan cara diatas selama 6 bulan, setelah masuk bulan ke 7 biasanya anak burung sudah bisa makan sendiri.

Untuk kandang burung merpati sebaiknya dibuat semacam rumah di atas pohon yang bisa melindungi dari angin dan air hujan. Peralatan yang dibutuhkan untuk memelihara burung merpati yaitu tempat makan, tempat minum, tempat untuk grit, mangkuk sarang atau nesting bowl dan tenggeran.

Demikianlah cara merawat burung merpati, untuk mengetahui jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home.

Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di mengenal anis merah.