Merawat Kesehatan Burung Kacer

Post On: November 16, 2015
By: Dhio
In: kacer

Merawat kesehatan burung kacer menjadi hal krusial ketika hari lomba sudah dekat. Bagi penggemar burung kacer, tentu ingin burung kacernya menjadi jawara di setiap lomba. Untuk mencapai hal itu harus merawat kesehatan burung kacer. berikut ini adalah tips tipsnya.

Merawat Kesehatan Burung Kacer

Untuk membuat burung mencapai sehat menta, sebaiknya jauhkan kacer dari hal hal yang membuat dia tertekan. Misalnya melihat hewan predator bagi burung seperti kucing atau tikus. Atau memelihara hewan yang bersuara keras seperti anjing. Perlakuan kasar dalam perawatan juga menimbulkan tekanan mental dengan perilaku kasar pemeliharanya, memelihara burung fighter lain seperti Murai atau burung sejenis yang lebih superior. Kemudian agar kacer anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya yang memungkinkan kacer anda terluka. Pastikan tidak ada bagian runcing, tajam dan sebagainya yang memungkinkan burung anda terluka. Basmi segala parasit, mikroba dan virus yang mengganggu kehidupannya. Hendaknya kamu selalu ingat, bahwa gangguan dan ancaman dalam bentuk apapun dari makhluk kecil sekalipun yang tidak dilihat kasat mata. Kacer kamu mungkin mendapatkan nutrisi yang cukup tetapi semuanya diserobot oleh parasit atau kutu, caplak maupun tungau.

Langkah selanjutnya dalam merawat kesehatan burung kacer yaitu cukupi kebutuhan nutrisinya. Bisa jadi kacer terlihat mulus, juga gacor. Tetapi tiba tiba saja sering berhenti bunyi secara mendadak. Kacer mbagong mulus alias nguda laut. Selain karena jatuh mental, kacer mbagong juga terjadi karena nafsu tempurnya menyala tapi tenaganya kurang. Jangan kamu bilang bahwa kacer anda kecukupan vitamin, mineral, karbohidrat dan sebagainya kalau anda hanya memberinya voer plus jangkrik atau kroto. Semua burung yang bermasalah sumbernya sama yaitu kesehatan yang kurang dan Nutrisi. Cukup berikan Air Mineral Burung (AMB) secara berkala. Misalnya 1 kali dalam seminggu.

Tips merawat kesehatan burung kacer dari seorang ahli kacer

Pada pagi hari kacer biasanya diberi jangkrik sebanyak 7 jangkrik dan 7 jangkrik pada siang hari dan 7 jangkrik lagi pada malam hari. Tidak lupa kacer diberi sedikit kroto antara pagi ke siang atau jam 11.00. Tidak lupa kacer diberi BnR Vit 3 tetes pada sore hari. Poor yang digunakan adalah poor hijau rumput laut dari produk BnR. Namun perlu diketahui bahwa penyebab burung kacer mbagong karena terlalu banyak mengkonsumsi kroto.

Merawat Kesehatan Burung Kacer lengkap

Demikianlah informasi mengenai merawat kesehatan burung kacer Untuk informasi mengenai jenis jenis burung peliharaan silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ teknik breeding burung kacer.