Merawat Kebersihan Anjing Peliharaan

Post On: December 5, 2015
By: Dhio

Merawat kebersihan anjing peliharaan merupakan hal yang harus dilakukan setiap hari. Anjing yang terawat baik tampak lebih menyenangkan, penampilannya bersih, sehat dan periang. Anjing yang terawat baik bisa menjadi teman yang menyenangkan. Merawat kebersihan anjing peliharaan harus terus dilakukan bahkan sampai anjing tersebut akan dijadikan anjing bakalan. Anjing yang sudah jinak maka akan cepat melakukan sesuatu yang tuannya perintahkan. Sifat anjing bakalan yang baik bisa di nilai dari penampilan induknya. Perkembangan perangai anjing selanjutnya, sangat tergantung dari perhatian dan cara perawatan yang dilakukan si pemilik.

Merawat Kebersihan Anjing Peliharaan dengan

Merawat kebersihan anjing peliharaan terutama kebersihan badan, pakan dan lingkungannya. Tempat makan dan minum harus selalu bersih, jangan sampai ada sisa makanan yang melekat dan membusuk, sebab hal ini bisa menyebabkan sakit perut atau mencret pada anjing. Kadang tempat tidur harus bersih, kalau perlu alas tidurnya di jemur setiap hari. Kalau alas ini basah oleh kencing dan kotoran, cucilah sampai bersih dan dijemur agar tidak bau. Anjing yang sehat dan bersih bisa diamati dari penampilan fisik dan tingkah lakunya. Untuk merawatnya dengan baik, banyak bagian badan yang harus diperhatikan, terutama bulu, kulit, kuku, telinga, selaput lendir mulut, kelopak mata, gerakan dan aktivitasnya.

Cara merawat kebersihan anjing peliharaan.

Merawat kebersihan anjing peliharaan berbulu lebih banyak memakan waktu dibanding dengan anjing berbulu pendek. Penyisiran dan penyikatan bulu harus dilakukan setiap hari, agar debu, rontokan bulu dan ketombe yang melekat pada kulit bisa tersapu keluar. Penyisiran dan penyikatan ini baik sekali pengaruhnya bagi badan, sebab sangat membantu atau merangsang metabolisme kulit menjadi lebih sehat, selain menghindarkan rasa gatal pada kulit. Secara teratur anjing harus dimandikan, misalnya dua minggu sekali.

Merawat Kebersihan Anjing Peliharaan seperti

Anjing dimandikan pakai shampo khusus atau sabun lunak dan air hangat. Setelah selesai di mandikan, keringkanlah seluruh tbuh dengan handuk kering, terutama di bagian bawah dada dan belakang, kemudian jemurlah di matahari cerah. Anjing yang dimandikan maka bulunya tidak mudah rontok, tampak bersih dan berkilau. Kuku anjing dipelihara jangan sampai terlalu panjang, karena kalau kuku ini dipakai untuk menggaruk garuk akan menimbulkan luka pada tubuh. Kuku yang terlalu panjang sebaiknya dipotong dengan gunting khusus untuk kuku anjing. Keroklah dulu tanah yang melekat pada kuku agar dapat mengukur dengan jelas bagian kuku mana yang harus dipotong.

Merawat kebersihan anjing peliharaan berikutnya yaitu mata. Mata anjing juga harus diperhatikan kebersihannya. Kotoran yang menempel pada sudut mata dapat dibersihkan dengan kain yang diberi air hangat. Kalau ada rambut ayng tumbuh terlalu panjang sehingga menutupi pandangan mata sebaiknya segera dipotong. Telinga juga harus diperiksa kebersihannya secara teliti. kotoran yang terdapat bisa dibersihkan dengan menggunakan kapas yang dililitkan pada lidi secara hati-hati. Sebelum dipakai celupkan dulu kapas ini dalam minyak kelapa atau alkohol. Kalau dalam lubang telinga terdapat bulu panjang yang mengganggu sirkulasi udara, sebaiknya digunting saja. Karena bulu ini bisa menjadi tempat sembunyi kuman parasit dan kotoran.

Latihan jasmani juga tak kalah pentingnya. Lakukan secara teratur, misalnya 1 minggu sekali. Latihan ini dengan tujuan agar otot tubuh, jantung, paru paru, saluran pencernaan dan bagian bagian tubuh lain berkembang sempurna. Anjing yang tidak berolahraga secara teratur akan menjadi pemalas. Latihan jasmani bisa dilakukan secara teratur dengan mengajaknya berjalan-jalan, berlari-lari, loncat loncat atau bermain sesuatu yang bisa membuat anjing peliharaan kamu senang dan riang.

Merawat Kebersihan Anjing Peliharaan

Demikianlah informasi mengenai merawat kebersihan anjing peliharaan. Untuk melihat artikel artikel terbaru lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ perkembangan mental anjing peliharaan.