Merawat Anjing Cocker Spaniel

Post On: December 4, 2015
By: Dhio

Merawat anjing cocker spaniel memang menurut beberapa orang sulit dilakukan karena bulunya yang panjang. Tapi bila kita mengetahui cara merawat anjing cocker spaniel dengan baik maka hal tersebut tidaklah terlalu menjadi masalah. Bulu tubuh dan bulu kaki yang menjuntai sampai ke tanah membuatnya seperti mengenakan gaun panjang. Tak hanya penampilannya yang cantik, karakternya pun lembut dan periang. Merawat anjing cocker spaniel yang berasal dari amerika ini merupakan versi baru dari nenek moyangnya yaitu english cocker spaniel yang tersohor di seluruh dunia. Hanya panjang bulu dan bobot tubuh yang membedakan keduanya. Produk baru ini lebih ringan bobotnya dan lebih panjang bulunya.

Anjing Cocker Spaniel

Merawat Anjing Cocker Spaniel

Cocker Spaniel dikategorikan dalam sporting group, karena dulu di Amerika ia diikutsertakan dalam olahraga. Anjing dituntut untuk mengintai dan menggiring burung agar terbang, sehingga bisa ditembak, anjing akan membawa korban ke majikannya. Nilainya akan lebih tinggi bila si anjing mampu menangkap sendiri burung itu dalam keadaan hidup. Namun sudah bertahun tahun lamanya uji kemampuan lapang untuk anjing ini tidak dilakukan lagi. Yang kini bertahan adalah fungsinya sebagai anjing kontes dan binatang kesayangan.

Sebenarnya orang Indonesia sudah merawat anjing cocker spaniel dari dulu ( 20 tahunan yang lalu). Sedikitnya orang Indonesia yang mengetahui jenis ini karena perkembang biakan anjing jenis ini tidak normal sehingga sedikit sekali populasinya. Anjing jenis ini memiliki kesan glamor tapi sifatnya lembut. Anjing jenis ini kelihatan glamor seperti anjing pudel, Indah seperti memakai kostum yang fancy dengan bulu sampai ke lantai, dan leher yang panjang. Keindahan yang dimiliki anjing ini adalah keindahan berlari karena anatomi tubuh nya yang indah. Persyaratan lain berkaitan dengan bulu.

Warna bulunya polos atau particolor. Yang pasti warnanya harus proporsional dan komposisi warna hitam putih tidak boleh terbalik. Warna dasarnya putih dengan spot hitam. Proporsi spot maksimal 40% dan penempatannya simetris. Ada satu pantangan, particolor tidak boleh dikawinkan dengan hitam polos, sebab bila terjadi persilangan, warna bulu keturunannya bisa terbalik, warna dasar hitam dengan spot putih. Ini tidak diperbolehkan dalam standar amerikan cocker spaniel.

Merawat Anjing Cocker Spaniel

Agar style nya lengkap untuk ontes, ekor anjing dipotong, disisakan 3-4 ruas. Pemotongan dilakukan 2-3 hari setelah lahir. Secara psikologis, pemotongan ekor dimaksudkan agar anjing tidak terganggu bila berburu burung di hutan. Karena kalau cocker spaniel berekor panjang dan berbulu lebat, kelebatannya saja sudah mengakibatkan si mangsa terbang lebih dahulu sebelum sempat ditangkap. Penampilan anjing bergaun panjang ini memang mengesankan, begitu pula karakternya. Sifatnya baik sekali sebagai hewan peliharaan di rumah. Alasannya anjing ini baik dengan anak anak, lembut, periang, lincah dan bagus untuk teman bermain.

Setelah merawat anjing cocker spaniel, maka kamu Perlu pet clip. Untuk mendapatkan penampilan sempurna di arena kontes, seekor american cocker spaniel perlu perawatan yang baik, terutama bagi bulunya. Perawatannya butuh banyak waktu karena banyak hal yang harus di kerjakan. Seorang ahli memiliki jenis tri color. Dia melakukan pembungkusan bulu dengan kertas timah, agar tidak kusut. Selanjutnya setiap 4-5 hari sekali bungkusan itu dibuka, bulu disisir dan diberi conditioner. Supaya tetap indah dan tergerai. Setelah itu bulu anjing dibungkus kembali sampai menjelang masuk ke arena kontes.

Anjing ini perlu pet clip untuk membentuk bulu. Bulu pada bagian atas tubuh dipotong pendek, kurang lebih 2 Cm, Sedang pada kaki dan sisi kanan kiri perut dibiarkan panjang. Penguntingan bulu biasanya dilakukan setiap 2 bulan sekali. Kalau anjing tidak dipelihara untuk kontes, bulu pada semua bagian tubuh dipotong pendek 2 Cm. Setelah dipotong, anjing dimandikan dengan air. Dalam merawat anjing cocker spaniel, mandikan anjing setiap hari dan seminggu sekali diberi bedak.

Merawat Anjing Cocker Spaniel yang benar

Makanan untuk anjing jenis ini yaitu dog food yang bisa dibeli di toko anjing. Selain itu agar bulnya mengkilap dan pertumbuhannya bagus, anjing butuh pakan tambahan, berupa minyak ikan yang dicampur dalam pakan. Jatahnya satu sendok makan setiap hari. Tulang juga dibutuhkan untuk mengurangi karang gigi anjing.

Demikianlah informasi mengenai merawat anjing cocker spaniel. Untuk melihat informasi mengenai jenis jenis binatang peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ anjing mastiff sang penjaga.