Menjodohkan Kenari Efektif

Post On: April 7, 2015
By: Dhio
In: Kenari

Menjodohkan kenari efektif tidaklah terlalu sulit, asalkan burung tersebut benar-benar cukup umur atau sudah memasuki masa produksi.

1. Menjodohkan kenari efektif dengan sangkar khusus : sangkar khusus yang bersekat pada bagian tengahnya sangat cocok untuk menjodohkan kenari karena dapat mempercepat proses penjodohan. dalam kandang ini, calon pasangan terus berdampingan dan saling melihat setiap saat. kenari betida dapat selalu dekt saat kenari jantan menyenandungkan suaranya sehingga kenari betina menjadi sangat terangsang dan selanjutnya menunjukkan tanda-tanda telah birahi. sangkar khusus penjodohan dapat dibuat dari besi dan bagian lainnya dari kawat atupun yang kerangkanya kayu dengan jeruji dari bambu. sangkar ini umumnya berbentuk segi empat, memanjang ke samping, dan tidak terlalu tinggi. ada kalanya tempat khusus penjodohan langsung digunakan untuk menangkarkan kenari bersangkutan setelah benar-benar jodoh dengan menarik sekat di tengah sangkar. proses penjodohan yang berlanjut hingga penangkaran seperti itu bisa diterapkan jika digunakan sangkar sistem baterai. namun, kelemahannya sangkar tersebut biasanya tidak bisa dipindah-pindah sehingga burung tidak bisa selalu dijemur dan hal ini bisa menambah pengeluaran karena burung harus diberi vitamin tertentu agar terus sehat.

2. Menjodohkan dengan sangkar soliter : penjodohan kenari dengan menggunakan sangkar soliter besarnya dilakukan oleh penggemar yang baru memulai atau dalam taraf coba-coba untuk menangkar kenari. pada saat penjemuran juga harus terus didampingkan dengan burung yang sedang dijodohkan. bila perlu, calon pasangan juga disatukan dalam salah satu sangkarnya pada saat dimandikan. sebaiknya kenari jantan yang dimasukkan ke dalam sangkar betina.

Menjodohkan kenari efektif

kenari jantan dan betina di http://peliharaburung.com/

Menjodohkan Kenari efektif tahap selanjutnya yaitu:

masa kawin, mengeram dan membesarkan anak

  1. masa kawin : bila pasangan kenari yang disatukan dalam sangkar benar-benar sudah jodoh maka sebenarnya proses perkawinan menjadi relatif mudah dan cepat. namun, sering terjadi pasangan kenari tersebut menghasilkan telur kosong. untuk menghasilkan perkawinan sempurna, pasangan kenari harus birahi dan terkadang kukunya harus dipotong atau bulu di sekitor duburnya dipotong. pasangan kenari akan melakukan perkawinan berulang kali dan baru akan berhenti setelah betina akan mengerami telurnya. dari hasil pemantauan, kenari biasanya melakukan perkawinan saat menjelang sore. namun, bila di tempat pasangan tersebut diberi lampu listrik sehingga cukup terang maka kemungkinan juga dapat terjadi perkawinan pada malam hari. penulis pernah mengamati hal ini, kenari melakukan perkawinan pada malam hari sesaat menjelang tidur. Biasanya kenari yang baru pertama kali dikawinkan hanya menghasilkan 2-3 telur, tetapi pada masa kawin berikutnya bisa lebih banyak lagi. burung kenali dapat menghasilkan telur 5-6 butir sekali musim kawin. saat bertelur biasanya pagi hari pada pukul 08.00-10.00. pada masa bertelur, kenari akan bertelur setiap hari tanpa ada selang waktu dan baru berhenti setelah akan mengerami telur-telurnya. menjelang masa kawin (masa penjodohan) dan pada saat disatukan, kenari sangat memerlukan pakan bergizi tinggi seperti lumatan kuning telur rebus dengan bubuk susu. sayuran seperti daun selada, sawi hijau/putih dan lainnya juga harus tersedia. biji kenari yang menjadi kegemarannya tidak boleh kosong, walaupun jumlahnya terbatas.
  1. masa mengeram : masa mengeram kenari kurang lebih 2 minggu dan selama waktu itu sebaiknya tidak diganggu. kenari tergolong paling berani dalam melindungi telur maupun anak-anaknya. pada saat betina mengerami telurnya, jantan yang suka mengganggu sebaiknya dipisahkan. namun, jantan harus disatukan kembali satu atau dua hari sebelum anak-anaknya menetas karena bagaimanapun jantan sangat diperlukan untuk membantu menyuapi anaknya. saat betina mengeram, kenari jantan yang baik akan selalu meloloh dan kadang ada pula yang mengerami telurnya pada waktu betinanya keluar sarang untuk makan dan minum. jantan yang demikian tidak perlu dipisahkan dari betinanya, bahkan harus dibiarkan. sebaiknya jantan harus dipisahkan sampai menjelang telur yang dierami betinanya akan menetas. agar tetap sehat selama masa mengeram, kenari sebaiknya diberi selada/sayuran dan oyong. hijaunya sayuran itu dapat merangsang betina untuk keluar dari sarangnya. kalaupun kenari jantan akan meloloh betinanya, pakan hijauan tersebut juga mudah diberikan kepada betina. bila hanya mengandalkan pakan biji-bijian atau pakan kering dan lumatan tepung/roti rasanya kurang menguntungkan karena sulit dibawa jantan untuk dilolohkan
  1. Membesarkan anak kenari : kenari jantan dan betina membesarkan anaknya secara bersama-sama. kenari betina biasanya masih sering mendekapi anaknya hingga anaknya mulai membuka mata. bahkan, setelah meloloh anak-anaknya di sore hari, betina kadang berada di dalam sarang sepanjang malam tanpa memikirkan dirinya. apabila anak yang dihasilkan lebih dari tiga ekor, biasanya di antara anak itu ada yang mati karena terinjak induknya, kemungkinan tidak diberi makan, atau kalah pada saat berebut pakan. untuk mengatasinya, anakan perlu dibantu dengan melolohkan lumatan susu bubuk, daun selada dan bila dimungkinkan ditambahkan sedikit vitamin yang dibuat agak encer. anak-anak burung yang belum lama menetas sebaiknya di tempatkan dalam sangkar khusus atau kotak yang diberi lampu listrik dengan watt kecil sehingga hangat. sangkar ini juga dihindarkan dari hembusan angin yang terlalu kencang. bila digunakan sangkar soliter, sebaiknya sangkar ditutupi denan kain yang tembus pandang. anak kenari umur 21 hari setelah menetas biasanya mulai keluar dari sarangnya. jika memungkinkan, alas sarang diganti untuk menjaga kesehatannya dan juga memberi kehangatan. di saat umurnya empat minggu, anak kenari mulai belajar makan sendiri sehingga dapat diperkenalkan pakan bijian seperti biji lobak atau biji kenari yang sudah direndam sebelumnya. anak kenari yang telah berumur lebih dari lima minggu sebaiknya dipisah-pisah agar tidak saling mencabut bulu-bulu muda di antara sesamanya dan jantannya lebih cepat belajar berkicau. umumnya anak kenari akan mulai berkicau pelan saat melangkah bulan ke-3 atau sesudah berumur dua bulan.

Cara Menjodohkan Kenari Efektif

Menjodohkan kenari efektif tidak sama dengan cara menjodohkan jenis-jenis burung peliharaan lainnya yang bisa dilihat di Home.

Sistem poligami

Di negara Indonesia, yang hanya ada 2 musim, yaitu musim panas dan musim penghujan. sebenarnya sangat menguntungkan bagi peternak kenari, karena dalam kondisi normal kenari yang ditangkarkan bisa berproduksi 7-8 kali setiap tahunnya. hal yang menarik dari kenari, ternyata bisa dikembangbiakkan dengan cara atau sistem poligami, yaitu satu jantan bisa diatur untuk mengawini 3-4 betina. hal-hal yang harus diperhitungkan :

  1. indukan yang dipersiapkan.  Kenari Jantan : dengan sistem poligami, jantan yang akan digunakan sebaiknya sudah cukup umur dan berpengalaman atau pernah dijadikan indukan.    kenari betina : harus diketahui sifatnya, apakah suka merusak sarang yang dibangun pasangannya atau tidak manja dalam arti tidak minta diloloh sang jantan saat mengerami telurnya.
  1. perlakuan pasangan dalam sistem poligami :

– mempercepat proses penjodohan : persiapkan betina yang cukup banyak misalkan 9 betina dengan 3 jantan. dengan jumlah betina sebanyak itu, rasanya untuk mempercepat proses penjodohan tidak akan sulit dilakukan. kita cukup menempatkan satu jantan dengan dikelilingi beberapa betina. begitu sang jantan berkicau untuk menarik perhatian betinanya dan ada sambutan dari salah satu betina dengan menggetarkan sayapnya sambil berkicau pelan, itulah pasangan yang harus lebih dahulu dipriotaskan karena tanda betina seperti itu telah siap kawin dan proses perkawinannya tidak akan lama.

– waktu memisahkan pasangan : pemisahan dalam perkawinan sistem poligami harus secepat mungkin dilakukan begitu betinanya mengeram beberapa hari. harus dipastikan si betina akan terus mengerami telurnya. karena, ada kalanya si betina tidak mau lagi mengerami telurnya begitu dipisahkan dari jantannya. namun, di lain sisi si betina pandai dalam mengasuh anak-anaknya. artinya, indukan betina seperti itu baru dipisah dari jantannya setelah telurnya menetas semua.

– penempatan kenari jantan setelah dipisahkan : satu hal yang perlu dipahami untuk memperlancar proses pengeraman dan produksi anakan kenari, yaitu begitu jantannya diambil atau dipisah dari betinanya yang sedang mengeram harus dijauhkan tempatnya. harus diusahakan suara kicauan jantan jangan sampai didengar betina yang baru dipisahkan. karena, kalau si betina yang baru dipisah mendengar suara jantannya, akan meninggalkan sarangnya dan berupaya keluar dari sangkarnya untuk mencari si jantan.

masa istirahat indukan betina dan jantan

* indukan betina : masa mengeram 15 hari, kemudian membesarkan anaknya sampai bisa makan sendiri selama 30 hari sendirian. pasti tugas itu sangat menguras energi kenari betina. untuk itu, upaya penyegaran atau pemulihan kondisi fisiknya diharuskan sebelum si betina dijodohkan kembali. pemberian viatamin dan makan bergizi tinggi seperti telur sangat dianjurkan. biasanya dalam satu minggu setelah dipisah dari anak-anaknya, fisik kenari betina sudah cukup sehat. sekalipun demikian, jika tubuhnya dipegang masih terasa lemas di tangan atau masih kurus, sebaiknya jangan dijodohkan dulu, walaupun sudah menunjukkan tanda-tanda birahi atau minta dikawini jantannya.

* indukan jantan : jika proses penjodohannya berjalan dengan baik, 3-4 hari sejak dijodohkan sudah terjadi perkawinan. sampai memasuki betina bertelur umumnya tidak sampai 10 hari. proses pengeraman terjadi setelah betinanya bertelur 3-4 butir. selanjutnya, 2-3 hari kemudian setelah betina mengeram, jantan diambil dan dipisahkan. dengan memberinya vitamin, makanan bergizi tinggil dan memandikannya setiap hari sudah cukup untuk memulihkan kondisi fisik dan menstabilkan tingkat emosinya. untuk menjodohkannya kembali, paling lama 3-4 hari kemudian dapat dijodohkan dengan betina lain yang telah disiapkan.

Untuk melihat informasi berikutnya silahkan lihat di mengenal perawatan murai batu.