Mengetahui ciri ciri kelinci yang sedang sakit

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemelihara kelinci harus mengetahui ciri ciri kelinci yang sedang sakit. Kelinci yang sakit mungkin sedikit sulit untuk dilihat. Namun anda bisa merasakan perubahan suhu tertentu di tubuh kelinci.

cara Mengetahui ciri ciri kelinci yang sedang sakit

Cara mengetahui ciri ciri kelinci yang sedang sakit.

Telinga kelinci terasa dingin.

Biasanya juga ditandai dengan kelinci yang terlihat lemas, tidak beraktivitas dan mata yang sayu. Ini juga bisa dilihat dengan telinga kelinci yang menurun ke belakang. Ketika mendapatkan keadaan ini segera bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Telinga kelinci terasa panas

Ini bisa mengindikasikan bahwa kelinci sedang demam.

Nafsu makan menurun

Ketika diberi makan, kelinci hanya duduk diam tidak bergerak. Ini sebagai pertanda kelinci sedang menahan sakit.

Kelinci membuang makanannya

Ini adalah pertanda bahwa kelinci anda stress.

Perut buncit

Biasanya perut buncit ini diiringi dengan badan lemas dan kurang nafsu makan. Ini pertanda bahwa kelinci mengalami cacingan.

Feses yang lunak dan berbau busuk

Jika feses kelinci berbau busuk dan sedikit lunak, maka mungkin kelinci anda sedang mengalami diare. Namun jika feses berbentuk kecil, keras dan berwarna kehitaman maka kelinci bisa saja terserang sembelit.

Urine

Urin kelinci biasanya berwaran oranye, kuning dan kecoklatan. Jika anda mendapati urin kelinci selain dari warna tersebut mungkin ia sedang menderita sakit.

Suka menyendiri dan bertindak aneh

Ini adalah salah satu pertanda kelinci sedang stress dan sedang menahan rasa sakit.

Terdengar bunyi benturan gigi di dalam mulutnya

Mata berair dan hidung ingusan

Perhatikan waktu respon kelinci ketika bangun

Biasanya kelinci akan cepat bangun ketika menyadari kedatangan seseorang di depannya. Jika anda melihat kelinci anda lemas dan lamban bangun dari tidurnya berarti ia sedang lemas akibat rasa sakit yang dialaminya.

Mengetahui ciri ciri kelinci yang sedang sakit

Demikian informasi mengenai mengetahui ciri ciri kelinci yang sedang sakit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai perlengkapan yang diperlukan untuk memandikan anjing.