Mengenal Perawatan Burung Kenari

Post On: March 29, 2015
By: Dhio
In: Kenari

Mengenal Perawatan Burung Kenari menjadi hal dasar yang harus dipahami oleh para hobiis atau pecinta burung kenari. Hal ini disebabkan karena minat untuk memelihara burung sebagai bentuk kegemaran sekarang makin tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat. Dari sekian banyak jenis burung berkicau unggulan yang ada di pasaran, salah satunya adalah burung kenari. Daya tarik yang dimiliki burung kenari tidak hanya dari suaranya yang penuh variasi, tetapi corak bulu dan bentuk fisiknya juga menjadi daya pikat yang tidak kalah menariknya.

Perawatan dan penangkaran kenari sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan karakternya telah dikenali dan dipahami, sehingga langkah awal yang perlu kamu lakukan sebelum memelihara burung kenari. langkah pertama dalam mengenal burung kenari adalah menghilangkan pikiran atau penafsiran bahwa memelihara kenari itu sulit. burung kenari dalam hitungan bulan, bakalan kenari jantan sudah mau berkicau dengan suara lepas penuh variasi suara. itulah sebab burung mungil ini semakin diminati masyarakat luas. dengan melihat kenyataan yang ada, prospek kenari secara ekonomi sangat menguntungkan. kegiatan yang digalang oleh Persatuan Burung Berkicau Indonesia (PBBI) sudah merambah tidak hanya di pulau jawa tetapi juga ke sumatera dan bali. penyelenggaraannya yang terjadwal rapi secara kontinu telah merangsang munculnya penggemar-penggemar burung kenari (hobiis) baru.

Mengenal Perawatan Burung Kenari

Perawatan Burung Kenari

Dengan semakin maraknya kontes kicau burung maka harga burung-burung unggulan yang kualitas suaranya baik dan memiliki mental juara menjadi terdongkrak. Oleh karena itu mengenal perawatan burung kenari haruslah diketahui secara mendalam. kelebihan membudidayakan kenari lebih cepat dan mudah dalam memberi hasil daripada penangkaran perkutut. penangkaran kenari relatif mudah. untuk sarana kandang penangkaran tidak perlu terlalu besar sehingga tempat yang dibutuhkan pun tidak terlalu luas. Karena semakin maraknya kontes kicau burung di Nusantara, maka kamu perlu mengetahui jenis-jenis burung peliharaan (ini link ke home page) agar sesuai dengan kemauan dan burung yang paling cocok dengan keinginanmu. penjodohan calon pasangan kenari juga tidak terlalu sulit jika burung tersebut memang sudah cukup umur untuk dikawinkan. proses perkawinannya pun relatif singkat (7-10 hari sejak pasangan disatukan) sehingga cepat menghasilkan keturunan. kenari yang dikenal sebagai burung impor ternyata cocok untuk dibudidayakan di indonesia.

Mengenal perawatan burung kenari

Mengenal perawatan burung kenari lebih dekat yaitu dengan mengetahui nama latinnya yaitu Serinus Canaria. burung kenari sudah cukup lama dikenal masyarakat penggemar burung di tanah air. kepopulerannya tidak hanya di indonesia, tetapi hampir di berbagai negara dan khususnya di daratan Eropa. Ciri fisik burung kenari mudah dikenali yaitu warna bulunya sangat khas dan tampak selalu bersih. Burung kenari termasuk golongan burung bertubuh kecil, berparuh tebal dan pendek. kakinya berwarna transparan, tiga jarinya ke depan dan satu ke belakang. ciri lain untuk mengenal burung kenari yaitu kicauannya penuh variasi, keras, tajam, dan tenggorokannya menggelembungkan saat mengeluarkan suara kicauan (khusus kenari jantan).

burung kenari termasuk keluarga fringilidae. penyebaraannya meliputi kepulauan Canay, madeira, dan azores hingga ke bermuda. keluarga kenari termasuk jenis burung tropika yang suka bermigrasi pada musim dingin. daerah sejuk lebih memungkinkan kenari untuk berkembang biak dengan baik. dalam perkembangannya, kenari membuat sarang berbentuk cawan dari bahan ranting kayu-kayu, serat dan daun-daun kering. sarang ini dibuat di tempat terbuka, telurnya berjumlah 4-5 butir, dan masa mengeramnya dilakukan secara bergantian dengan pasangannya.

Sejarah Kenari di benua eropa.
sejarah kenari di Eropa di kenal sejak abad 14, dan sangat digandrungi. khususnya kaum hawa dari kalangan atas. burung kenari pada masa itu dikenal sebagai burung kaum ningrat karena yang memeliharanya sebatas kalangan tertentu. semua bermula dari bangsa Spanyol yang membawa kenari liar dari kepulauan Kenari yang ditaklukkannya dan dijajahnya sampai beberapa waktu lamanya. dari abad ke abad, penyebaran kenari terus menyebar ke daratan eropa lainnya yang meliputi wilayah inggris, perancis, jerman, italia, belanda, belgia dan rusia.

perawatan burung kenari tentulah berbeda dengan perawatan jenis burung peliharaan lainnya yang bisa dilihat di Home.

Tahap selanjutnya dalam mengenal perawatan burung kenari adalah mengetahui cara merawatnya, perawatan burung kenari sehari-hari bisa dilakukan dengan :

1. dihindarkan dari gangguan, karena gangguan yang dialami terus-menerus merupakan penyebab utama kenari takut berkicau. gangguan tersebut seperti suara-suara radio, televisi, bantingan pintu yang terlalu keras dan bunyi-bunyian benda yang terkena angin kencang. penempatan sangkar diusahakan jauh dari gangguan kucing atau suara gonggongan anjing, jauh dari jangkauan tikus di malam hari, dan terhindar dari terpaan angin kencang.

2. pemberian pakan dan minum teratur : pemberian setengah sendok makan campuran biji-bijian ditambah 2-3 lembar daun selada cukup memenuhi kebutuhan kenari dalam satu hari. campuran biji-bijian itu sebaiknya diberikan setiap pagi hari secara teratur. teknik pemberian pakan diatur, misalnya hari ini kenari diberi pakan hijauan, kemudian esok hari sebaiknya diberi buah. begitupun dengan pakan biji-bijian, sebab kenari tidak setiap hari menyukai atau memakan jenis bijian yang sama. mungkin hari ini kenari memakan biji lobak dalam jumlah banyak, tetapi keesokan harinya belum tentu. air minum kenari harus dijaga kebersihannya. air minum yang akan diberikan adalah air dingin yang telah dimasak dan selalu diganti setiap hari (pagi dan sore).

3. memandikannya jangan disemprot : memandikan kenari dalam sangkar sebaiknya dihindari karena sangkar cepat rusak dan dikhawatirkan kenari akan menggunakan air minumnya untuk mandi saat dijemur. cara memandikan kenari dengan disemprot menggunakan sprayer dampaknya kurang baik karena mental keberaniannya sulit berkembang, bulunya mudah rusak, dan belum tentu kenari belum mandi dengan puas. waktu yang tepat untuk memandikan kenari yaitu sore hari agar pagi hari berikutnya kenari bisa dijemur dan dibiarkan terus berkicau. apabila kenari dimandikan pada pagi hari, kemudian dijemur, maka kemauannya berkicau akan berkurang. harus diupayakan, kenari berkicau pada waktu pagi sambil dijemur. memandikan kenari pada tepatnya yaitu sangat panas jam 15.00-16.00. lain halnya pada kenari yang sedang ganti bulu, sebaiknya dimandikan pagi dan sore hari untuk mempercepat proses ganti bulu, mempercepat tumbuh bulu, dan merangsangnya agar cepat berkicau.

4. dijemur pada pagi hari : sebaiknya dilakukan pada jam 07.00-09.00, dan waktu penjemurannya cukup 15-30 menit. menandai kenari yang merasa kepanansan dapat dilihat dari paruhnya yang selalu terbuka atau terus berlompatan pada jeruji sangkarnya.

5. tempat sangkar disesuaikan : apabila kenari yang dimiliki lebih dari seekor, diupayakan satu dengan yang lainnya tidak saling lihat melihat. untuk mendapat suasana tenang pada malam hari, sebaiknya tempat atau ruangan diberi penerangan lampu atau neon. dengan begitu, kenari tidak mudah terkejut saat ada gerakan yang membuatnya curiga. selain itu, sinar yang memancar akan memberi rasa hangat pada malam hari.

6. sangkar terjaga kebersihannya

7. agar tampak selalu muda : untuk memperlambat tumbuhnya sisik di kaki kenari, maka perlu diolesi minyak goreng atau pelembap secara teratur seminggu sekali. selain itu jika sudah terlanjur bersisik maka perlu diolesi balsem atau sejenisnya. setelah sisik hilang sedikit demi sedikit, balsem kembali dioleskan untuk mencegah perdarahan atau mencegah menempelnya kotoran kembali.

Untuk melihat informasi berikutnya tentang burung kenari maka lanjutkan bacaan kamu ke gangguan kesehatan burung kenari.