Mengenal Jenis Burung Hantu

Post On: April 17, 2015
By: Dhio
In: Owl

Mengenal jenis burung hantu harus diawali dengan mengetahui bangsa burung tersebut. Burung hantu berada dalam ordo Strigiformes yang terdiri dari 2 jenis suku atau familia yaitu suku Tytonidae yang artinya burung serak dan Strigidae yang artinya burung hantu sejati. Di Indonesia sendiri memiliki ke 2 suku atau familia burung hantu tersebut. Di Indonesia terdapat lebih dari 50 Jenis burung hantu dan di seluruh dunia ada 200 lebih jenis burung hantu, jadi Indonesia memiliki 1/4 jenis burung hantu di seluruh dunia, keren kan gan. Dari jumlah 50 jenis burung hantu yang ada di Indonesia, lebih dari 10 jenis burung hantu yang merupakan spesies endemik yang artinya bahwa ada 14 jenis burung hantu yang hanya dapat di temukan di Indonesia dan tidak ada di tempat lain.

Mengenal Jenis burung hantu yang terkenal

1. Tyto Alba
burung hantu ini dikenal juga dengan burung hantu Tito atau Serak Jawa. Burung hantu jenis ini memiliki tubuh besar yang mana bagian atas berwarna coklat tua dan ada sedikit bercak halus, bagian bawahnya berwarna putih dengan sedikit corak bintik hitam. Jenis burung ini memiliki tinggi kurang lebih 30 Cm. Jenis burung ini wajahnya berbentuk hati dan berwarna putih. Tempat tinggal burung hantu jenis ini adalah di pepohonan di hutan, taman kota hingga perkebunan dan mampu hidup hingga di ketinggian 1600 dpl.

jenis burung hantu

2. Wowo-wiwi / Serak Bukit / Orientan Bay Owl
Burung hantu jenis ini nama latinnya adalah Phodilus badius. Jenis burung hantu ini hanya terdapat di Asia Tenggara. Jenis burung hantu ini wajahnya unik yaitu menyerupai ular sanca ( berbentuk bengkok) dan tingginya kurang dari 25 Cm.

3. Reddisc Scops Owl atau nama latinnya adalah Otus rufescens. Burung hantu jenis ini memiliki ukuran tubuh yang kecil jika dibandingkan dengan ukuran tubuh burung hantu lainnya, yaitu sekitar 15 Cm. Burung hantu jenis celepuk merah ini ada di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Malaysia sampai ke negara thailand.

4. Celepuk Gunung atau Javan Scops Owl dengan nama latin Otus angelinae. burung hantu ini termasuk kecil karena hanya berukuran sekitar 20 cm. burung hantu ini langka dan hanya ada di Indonesia sehingga burung hantu ini perlu dilindungi dan dilestarikan.

5. Celepuk atau Scops Owl atau nama latinnya Otus bakkamoena. Tempat tinggal burung hantu ini ada di hutan yang banyak terdapat pohonnya. Ukuran tubuhnya termasuk yang kecil diantara burung hantu lainnya yaitu sebesar 25 Cm. Burung hantu jenis ini sulit ditemukan bahkan pada siang hari karena memiliki kemampuan kamuflase yang baik di alam bebas. Burung gantu jenis ini ada di timur tengah, india hingga sampai di Asia tenggara seperti di Indonesia.

mengenal jenis burung hantu

6. Celepuk Rajah atau nama latinnya Otus Brookei yang hanya berukuran 22 Cm. Burung hantu jenis ini termasuk langka di Indonesia karena sedikit ditemukan di daerah pegunungan di Sumatera, Kalimantan dan Jawa Timur.

7. Hingkik/Beluk Jampuk atau Barred Eagle Owl atau nama latin Bubo sumatranus. Orang Indonesia sering menyebut burung hantu ini dengan nama Malay Eagle Owl. Dinamakan demikian karena banyak terdapat di Malaysia. Selain di Malaysia, habitat jenis burung hantu ini juga ada di Brunei, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Thailand.

8. Bloketupu atau Bubo Ketupu atau terkenal dengan nama Malay Fish Owl. Tempat tinggal burung hantu ini ada di hutan pegunungan tropis dan subtropis di seluruh negara di Asia Tenggara.

9. Beluk watu Jawa atau Javan Owlet Glaucidium dengan nama latin Glaucidium castanopterum. Burung Hantu ini hanya terdapat di Pulau Jawa dan Bali, sehingga burung hantu ini termasuk jenis Endemik dan tidak terdapat di negara lain selain di Indonesia.

10. Punggok Cokelat atau Brown Hawk Owl atau nama latin Ninox scutulata. Burung hantu ini berukuran 32 cm. Tempat tinggal burung hantu jenis ini adalah di India, Sri Lanka, China hingga di bagian timur Indonesia.

11. Seloputo atau Spotted Wood Owl atau nama latinnya Strix seloputo. burung hantu ini berukuran besar hingga mencapai 50 Cm. burung hantu ini ada di banyak negara-negara di Asia Tenggara seperti Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia dan Filipina.

12. Kokok Beluk atau Brown Wood Owl atau nama latin Strix leptogrammica. burung hantu ini juga berukuran besar hingga mencapai 50 Cm. Habitat burung hantu ini mulai dari Sri Lanka, India, Cina dan Indonesia.

13. Beluk Telinga Pendek atau Short eared Owl atau nama latinnya Asio flammeus. Tempat tinggal burung hantu ini terdapat di seluruh benua kecuali Australia dan Antartika.

14. Celepuk Reban atau Sunda Scops-Owl atau Collared Scops-Owl. Berdasarkan namanya burung hantu ini adalah burung hantu asli Indonesia dan penyebarannya di pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali dan sampai ke negara Filipina.

15. Glaucidium brodiei atau Beluk watu Gunung. burung hantu ini merupakan salah satu burung hantu terkecil karena berukuran hanya 15 Cm. Habitat burung hantu jenis ini ada di Indonesia, Bhutan, Brunei, Kamboja, India, China, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

16. Ninox boobook atau Pungguk kokodok memiliki ukuran tubuh 30 Cm, Tempat tinggal burung hantu ini adalah di Indonesia bagian timur, Timor Leste, Australia dan Papua Nugini.

17. Ninox burhani atau Punggok Togian adalah burung hantu endemik khas Indonesia yang ada di Sulawesi Tengah.

Untuk melihat burung peliharaan lainnya bisa dilihat di Home. Untuk melihat informasi berikutnya bisa dilihat di cara memelihara anakan burung hantu.