Mengenal Ikan Onde Onde

Post On: December 3, 2015
By: Dhio

Mengenal Ikan onde onde dimulai dengan komposisi warna tubuhnya indah seperti dlukis. Cokelat terang dengan totol putih berukuran besar dan pusatnya berwarna cokelat. Gerakannya lucu bagai badut yang menari-nari. Kekontrasan warna tubuh, membuat menarik penampilannya. Kombinasi antara cokielat terang dan putih yang berupa bulatan agak besar, menyebar pada bagian kepala dan badan. Di bagian ekor terdapat dua bulatan putih berpusat cokelat sehingga sekilas tampak putih. Mukanya berpulas putih dan dibagian atas bibirnya yang selalu terbuka terdapat totol cokelat. Selain warna tubuhnya yang unik, gerakannya pun menarik dan lucu. Mula-mula ekor dan sirip analnya digerakkan, kemudian dengan mengayuh sirip perutnya. Ia melaju perlahan, disertai gerakan malambai dari sirip punggungnya.

Ikan Onde Onde

Jika mengenal ikan onde onde dengan baik, maka kamu menyadari bahwa ikan onde onde tidak lucu lagi ketika sudah besar. Mengenal ikan onde onde alias Gaterin Chaetodonoides banyak terdapat di Kepulauan Filipina, Indonesia, Australia, Perairan India dan laut merah. Si onde onde ini umumnya tinggal di perairan dangkal berbatu karang yang dasarnya tertutup oleh batu koral dan puing-puing karang yang berguna sebagai tempat persembunyiannya. Mengenal ikan onde onde lebih dalam lagi maka kamu akan tahu bahwa ikan onde onde hanya ada 1 jenis. Perbedaan warna lebih disebabkan oleh asal daerah. Dari Banyuwangi, warna onde-ondenya sedikit pudar. Asal Surabaya warna cokelatnya lebih muda. Dari Aceh warnanya relatif lebih kontras. Sedangkan dari lampung, warna dan geraknya tidak berubah dari kecil sampai dewasa.

Jika kamu mengenal ikan onde onde dengan lebih dalam lagi, kamu akan tahu bahwa ikan onde onde akan semakin ditinggalkan jika semakin besar badannya. Gerakannya sudah tidak lucu lagi, selain itu totolnya semakin memudar. Ikan ini banyak dipelihara hanya saat ukuran tubuhnya mencapai 5-7 Cm. “Lebih kecil lebih baik”, sebab jika ukurannya sudah mencapai 10-12 Cm atau lebih. Jika ukurannya 10-12 Cm maka warna tubuhnya akan memudar. dan panjang maksimal tubuh ikan ini yaitu 25 Cm.

Mengenal ikan onde onde

Dalam akuarium, onde onde dapat dicampur dengan ikan-ikan hias jenis lain seperti Zebrasoma Flavescens, Acanthurus, Centropyge dan sebagainya asal ukurannya seimbang. Ukuran akuarium boleh besar boleh kecil, tergantung jumlah ikan dan keadaan tempat. Agar si onde onde bertahan hidup, pH dan kadar garam air perlu diperhatikan. Seperti ikan laut lainnya, pH air yang sesuai sekitar 7.8 dan kadar garam 24-26 ppm. Untuk mengetahui pH dan kadar garam gunakan alat salinometer. Kadar garam dan pH air ini akan meningkat karena bertambahnya kotoran serta sisa makanan serta menyusutnya volume air. Apabila kadar garam tinggi, maka perlu penambahan air tawar dalam jumlah tertentu sampai kadar itu turun kembali sebagaimana disyaratkan. Penggantian air sebenarnya bisa dilakukan dalam waktu yang lebih lama, asalkan kebersihan akuarium dapat dipertahankan.

Mengenal ikan onde onde maka kamu tahu bahwa yang lincah yang mahal. Untuk membuat ikan onde onde tetap lincah maka pakan yang bisa diberikan yaitu rebon laut, dengan dosis 8-10 ekor untuk 1 ekor ikan onde-onde dengan ukuran 10 Cm. Pemberiannya cukup sekali dalam sehari, sedikit demi sedikit untuk mengindari polusi sisa makanan dan mencegah ikan tidak terlalu kenyang.

Mengenal Ikan Onde Onde

Ikan yang kekenyangan maka geraknya tidak lincah. Selain rebon laut, Tubifek juga bisa diberikan dengan jumlah terbatas karena mengandung zat pengawet. Satu kotak tubifek bisa untuk 5 ekor ikan. Penyakit ikan yang sering menyerang adalah white spot. Penyakit ini timbul karena pemberian makanan yang berlebihan sehingga banyak yang tersisa. Untuk mencegah White spot, akuarium sebaiknya dilengkapi dengan aerator. Selain sabagai pensuplai oksigen, aerator dapat menggoyang dasar akuarium sehingga memungkinkan berkurangnya endapan. Untuk menyelamatkan ikan yang terkena white spot, cukup dengan menarantinanya di akuarium yang telah diberi larutan format (larutan obat). Umurnya semakin kecil, maka semakin mahal harganya.

Demikian informasi mengenai mengenal ikan onde onde. Untuk melihat jenis jenis binatang peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di tips dalam memilih ikan koi.